Empat Langkah Cegah Corona, Fakfak Dua Pekan Lagi Bisa Hijau



Juru bicara Satgas COVID-19 kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, S.Km.

MANOKWARI, NokenNews.com – Satuan Tugas penanganan Corona Virus Disease-19 (COVID-19) kabupaten Fakfak, tetap bekerja keras menangkal masuknya virus Corona. Pasalnya, daerah itu nihil kasus baru dalam hitungan dua minggu terakhir.

Jika dua minggu ke depan tak ditemukan kasus baru, maka Fakfak akan masuk dalam zona hijau. Untuk Papua Barat, hanya kabupaten Pegunungan Arfak yang bertahan di zona itu (hijau).

Juru bicara Satgas COVID-19 kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, S.Km mengungkap empat cara yang digunakan sebagai langkah pencegahan.

Pertama, intens melakukan screening di pintu masuk, baik pelabuhan laut dan bandar udara terhadap calon penumpang dan pelaku perjalanan dari luar daerah.

“Kita kencangkan pemeriksaan rapid tes dan juga mengetatkan pengawasan di setiap pintu masuk, pelabuhan dan bandara terutama,” bebernya via pesan Whatss App, Jumat (6/11/2020) malam.

Langkah ke dua, tim melakukan desinfeksi ke seluruh tempat umum, yang biasanya menjadi pusat perhatian masyarakat.

“Ke tiga, penyuluhan dan sosialisasi tentang COVID-19 agar benar dipahami masyarakat. Menegakan disiplin protokol tenaga kesehatan juga dilakukan,” terangnya.

Langkah berikut yang tak kalah penting adalah melakukan karantina dan isolasi bagi yang reaktif, agar virus tidak menyebar secara luas.

Gondo yang juga sebagai Kepala Dinas Kesehatan Fakfak, mengungkap upaya dan kerja keras Satgas dilakukan maksimal secara bersama-sama. Meski demikian, menuju zona hijau bebas COVID-19, tetap menjadi target.

“Jika dalam sebulan tanpa kasus baru, kita masuk zona hijau. Sekarang sudah dua minggu. Kita upayakan maksimal untuk menghalau virus ini,” paparnya.

Dari rilis Satgas COVID-19 per Jumat malam, tercatat tambahan 66 kasus baru dan 9 orang sembuh. Sejauh ini Fakfak menjadi daerah dengan tingkat kesembuhan 100 persen, 51 kasus dinyatakan sembuh. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan