Ever Dowansiba, Orang Pertama Pegaf Divaksin COVID-19



Pencanangan vaksin kabupaten Pegunungan Arfak, Kamis (18/02/2021) di Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat, di Manokwari. (str/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pelaksana harian Bupati Pegunungan Arfak, Everd Dowansiba menjadi orang pertama yang disuntik Vaksin COVID-19. Ini dilakukan saat pencanangan vaksin kabupaten Pegunungan Arfak, Kamis (18/02/2021) di Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat, di Manokwari.

Menurutnya, vaksin COVID-19 sebenarnya aman dan layak dilakukan juga untuk masyarakat. Apalagi, masyarakat di kabupaten Pegaf, sedikit khawatir dengan pandemi COVID-19. ini disebutnya sebagai dampak dari informasi hoaks yang beredar luas di media sosial.

“Masyarakat di Pegaf tak percaya COVID-19, apalagi vaksin. Saya harap pencanangan ini sekaligus meyakinkan jika vaksin itu aman,” sebutnya usai divaksin.

Everd juga sangat yakin dan percaya jika vaksin COVID-19, membantu meningkatkan imunitas tubuh manusia. Vaksin ini juga sekaligus sebagai upaya pemerintah untuk meminimalisir COVID-19

Bupati terpilih kabupaten Pegaf, Yosias Saroy mengungkap Vaksin COVID-19 merupakan program pemerintah pusat, yang ditindaklanjuti seluruh daerah di Indonesia, termasuk Pegaf.

“Kendala kami ya itu tadi, masyarakat di Pegaf tidak begitu percaya soal COVID-19. Padahal, penyakit ini benar-benar nyata,” papar Yosias, orang ke dua yang divaksin.

Dijabarkan rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap COVID-19, juga menyebabkan belum ada laporan kasus karena tim kesehatan kesulitan melakukan tracking kontak.

“Kami akan berupaya maksimal, termasuk mensosialisasikan agar masyarakat mendukung kegiatan pemerintah,” singkatnya.

Vaksin COVID-19 kabupaten Pegunungan Arfak, digelar dua tahap untuk 120 tenaga kesehatan, di mana setiap tahap terdiri dari 60 tenaga kesehatan. Mereka yang sudah disuntik vaksin, diobservasi sekira 30 menit untuk mengetahui ada tidaknya dampak usai vaksin. (str/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan