FKUB Ajak Masyarakat Papua Barat Hindari Isu Rasisme di Masa Pandemi Covid-19



Foto : Ketua FKBU Provinsi Papua Barat, Pendeta Sadrak Simbiak.

MANOKWARI, Nokennews.com – Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) provinsi Papua Barat, Pendeta Sadrak Simbiak mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu Rasisme.

Ini menyusul maraknya pemberitaan media massa terkait isu Rasisme dan memicu pergolakan di USA. Di Papua, proses hukum 7 tapol pasca demo rusuh Agustus 2019, juga sempat menghiasi berbagai medsos, dengan tagar #BlackLivesMatter.

“Masyarakat jangan terprovokasi. Sebagai manusia, kita harus sadar akan panggilan masing-masing. Lakukan tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kedamaian du Papua,” ujarnya, Senin (16/6/2020) di Manokwari.

Menurutnya, menghargai nilai kemanusiaan merupakan panggilan karena sikap menghargai dan menghormati sesama manusia itu sama dengan memuliakan Tuhan.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19, kehidupan harus lebih dihargai. Jangan menciptakan kondisi yang tidak menghargai dan merendahkan nilai kemanusiaan, seperti rasisme,” pesannya.

Sebagai manusia yang berakal budi baik, Simbiak yakin masyarakat Papua Barat, bisa memilah mana yang harus diurus dan mana yang tidak.

Memandang dan memahami dalam kondisi tertentu harus, baginya harus mengedepankan sikap hati-hati. Karena diyakini sudah ada bagian-bagian yang mengurus sesuatu masalah.

“Sebagai tokoh agama, saya mengajak kita semua tetap bersatu, jangan ada sesuatu yang akhirnya membuat persatuan kita pecah,” bebernya lagi.

Mengikuti filosofi terdahulu, ‘Cerdik seperti ular namun tulus seperti Merpati’, Itulah harapan bagi masyarakat dalam menyikapi isu rasisme, terutama di tengah upaya pemerintah untuk memutus Covid-19.

Disisi lain, dari informasi yang dihimpun redaksi Nokennews.com, rencananya Solidaritas Anti Rasis dan Diskriminasi akan menggelar demo di Manokwari, Rabu (17/6/2020).

Aksi ini bertema ‘Jadikan Rasisme sebagai musuh bersama’ dengan titik kumpul Perempatan Makalew dan menuju ke DPRD Manokwari. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan