Gempa 3,7 SR Landa Manokwari Selatan



Foto : Logo BMKG.

MANSEL, Nokennews.com – Gempa Bumi tektonik 3,7 SR, Sabtu (14/12/2019) mengguncang Kabupaten Manokwari Selatan. Getaran gempa sekira pukul 18:04:55 Waktu Indonesia Timur ini tidak berpotensi Tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terletak pada koordinat 1,20 LS dan 134,22 BT, 34 Km arah Timur Laut Ransiki. Lokasi gempa tersebut berada di darat dengan kedalaman 10 Km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si, mengaku gempa yang mengguncang Ransiki merupakan gempa berkedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Ransiki.

“Ini dapat dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Getaran gempa dirasakan di daerah Oransbari dengan II MMI,” jelasnya dalam rilis tertulis, Sabtu malam.

Hingga pukul 18.20 WIT, BMKG Wilayah V belum menerima laporan dampak kerusakan. Selain itu hasil monitoring belum menunjukan aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bertanggung jawab,” pesannya.

Masyarakat di sekitar wilayah yang terkena dampak gempa dianjurkan memeriksa bangunan sekitar. Tujuannya memastikan tempat tinggal mereka aman dari guncangan gempa tersebut.

Petrus menyarankan masyarakat dapat mengakses informasi resmi BMKG di media sosial seperti Instagram, Twetter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).

Bisa juga dilalukan dengan mengakses informasi dari Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan