Gubernur dan Mendagri Didesak Lantik 11 Anggota DPR PB Jalur Otsus



Foto : DAP Wilayah III Doberay, mendesak pelantikan 11 anggota DPR jalur Otsus. (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, didesak menetapkan dan melantik Anggota DPR Papua Barat Jalur Pengangkatan Periode 2019 – 2024.

Desakan ini disampaikan Plt. Ketua DAP Wilayah III Doberay, Zhakarias Horota saat jumpa pers di Kantor DAP wilayah III Doberay, Manokwari, Jumat (24/7/2020).

“Kami desak Gubernur segera tidak lanjuti SK Pansel kepada Mendagri dan segera melantik 11 nama yang sudah ditetapkan Pansel, 5 Juli 2020,” terangnya.

Menurutnya desakan itu merupakan dorongan yang harus diperhatikan, sebab Otsus kini dalam masa injury time atau akan berakhir.

“Kehadiran anggota jalur Otsus di DPR Papua Barat, dibutuhkan untuk menanggapi aspirasi masyarakat Adat Papua,” paparnya.

Ia berharap pelantikan 11 anggota DPR Papua Barat jalur Otsus segera dilakukan, apalagi sempat tertunda akibat mengalami keterlambatan hampir setengah tahun.

Disisi lain, Zhakarias mengaku DAP sebagai lembaga adat, tentu wajib menampung semua aspirasi masyarakat adat. Soal penolakan penetapan anggota DPR jalur Otsus, merupakan hak masyarakat adat.

“Yang mau ajukan gugatan, silahkan itu hak rakyat yang sudah diatur konstitusi. Yang jelas, DAP tetap mendukung proses yang sudah ada,” jelasnya.

Ketua Pemuda 7 Suku Teluk Bintuni, Zhaidinali Muhammad Bauw menegaskan 11 nama dari hasil Pansel merupakan pilihan terbaik yang harus didukung agar segera melaksanakan amanat UU.

Secara khusus ia menegaskan dukungan terhadap tiga nama asal Kuri Wamesa yang merupakan anak adat

“Kami.mendukung proses yang sedang berjalan. Mereka harus dilantik, karena banyak aspirasi masyarakat yang harus dikerjakan DPR Otsus,” singkatnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan