Hanya di Warkesi Raja Ampat, Duo Cenderawasih Menari di Pagi Hari



Foto : Persiapan pemantauan wisata alam endemik di Dusun Warkesi Raja Ampat. Bisa saksikan Cenderawasih Botak dan Cenderawasih Merah saat pagi hari. (red/nn)

WAISAI, Nokennews.com – Muncul lagi satu spot wisata alam di Kabupaten Raja Ampat. Wisata terestrial unggulan ini terbilang unik, karena bisa menyaksikan Cenderawasih Botak dan Cenderawasih Merah, dua endemik yang hanya hidup di dusun Warkesi, Distrik Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat.

Selain itu terdapat beberapa endemik yang juga bisa di lihat di Dusun Warkesi, seperti pengamatan satwa Reptil dan Amphibi, termasuk jenis ular Stegonotus, Heka-Heka dan Sanca Hijau.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Raja Ampat, Yusdi N Lamatenggo mengatakan wisata ini lengkap dengan pengamatan aktifitas burung di pagi hari.

“Khusus untuk wisata terestrial unggulan Raja Ampat, adalah pengamatan burung Cenderawasih Botak, Cenderawasih Merah, Kakatua Hitam, Julang Papua, Nuri Bayan, Cekaka Pita dan jenis endemik lain,” ujarnya, Senin (22/6/2020).

Hal ini diungkap usai meninjau dan mengamati spot wisata alam tersebut selama dua hari, sejak Sabtu hingga Minggu (21/6/2020).

Menurutnya peninjauan dilakukan bersama Tim Fauna Flora International -Indonesia Programme Raja Ampat, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat dan Tim Smart Patrol Raja Ampat Dusun Warkesi.

“Dimulai dengan pendirian kemah di lokasi Camping Ground milik Tim Smart Patrol, dilanjutkan peninjauan spot-spot wisata yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Dusun Warkesi,” bebernya.

Ia menilai spot wisata alam di Dusun Warkesi, unik dan mengagumkan karena bisa menikmati beragam endemik. Apalagi, alam di lokasi tersebut yang masih lestari dan sangat alami.

“Apa yg dilakukan Tim Smart Patrol Kelompok Tani Hutan Dusun Warkesi, sangat baik. Ini bisa membuat minat wisatawan berkunjung ke sana,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan