Hari Ini 122 Orang Sembuh COVID-19 di Pabar, 507 Masih Dirawat



Data Sebaran COVID-19 di Papua Barat, Jumat (18/9/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Kasus COVID-19 di Papua Barat, terus bertambah dari hari ke hari. Angka positif orang yang terinfeksi virus ini kini mencapai angka ribuan. Meski jumlah itu merupakan total sejak temuan kasus awal, namun peningkatannya terus menanjak.

Tim Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, Jumat (18/9/2020), kembali merilis data terbaru, baik tambahan angka positif tetapi juga tingkat kesembuhan yang cukup banyak dari beberapa daerah.

Bukan kebetulan, Kota Sorong dan kabupaten Teluk Bintuni, merupakan dua daerah dengan kasus positif terbanyak, tetapi juga sembuh terbanyak hingga kini di Papua Barat.

Jumat hari ini, tingkat kesembuhan COVID-19 di Papua Barat, mencapai angka 122. Terbanyak dari Kota Sorong, dengan 94 orang, disusul kabupaten Teluk Bintuni dengan 11 orang. Kabupaten Sorong dengan 10 orang, Sorong Selatan 6 orang dan Manokwari 1 orang.

Secara keseluruhan, tercatat 854 orang (61,6%) sembuh dari COVID-19 di Papua Barat.

Sedangkan tambahan kasus positif juga sama, di mana Kota Sorong dan Teluk Bintuni paling banyak untuk hari ini. Dari total 54 orang yang terinfeksi, 27 diantaranya berasal dari Kota Sorong, 11 dari Teluk Bintuni, 9 dari Manokwari, 5 dari kabupaten Sorong, Teluk Wondama dan Sorong Selatan masing-masing 1 orang.

Saat ini pasien COVID-19 di Papua Barat, yang masih dirawat berjumlah 507 orang, 183 diantaranya di Kota Sorong, 152 di Teluk Bintuni, 92 di Manokwari, 33 di Raja Ampat, 21 di Sorong Selatan. Fakfak dan Manokwari Selatan, masing-masing 5 orang, 4 orang di Teluk Wondama serta masing-masing 1 orang di Kaimana dan Maybrat.

Juru Bicara COVID-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengatakan sebaran virus ini sudah sangat mengkhawatirkan di Papua Barat.

“Kuncinya ada pada masyarakat termasuk kita semua. Kalau tidak taat protokol kesehatan, semuanya pasti akan kena. Tinggal siapa yang kuat, dia yang akan bertahan,” terangnya.

Menurutnya, daerah yang terus menunjukan peningkatan kasus positif, menunjukan kinerja tim kesehatan yang aktif melakukan tracing kontak. Dari kasus positif, dicari dan diperiksa siapa kontak-kontaknya.

Ia berharap warga Papua Barat, tetap menaati protokol kesehatan sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (*/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan