Hasil Pemeriksaan sampel COVID-19 BKO TNI Dikembalikan ke Kodam Kasuari



Foto : Direktur RSUD Rujukan provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. Hasil pemeriksaan sampel COVID-19 personil BKO TNI AD dikembalikan ke Kodam XVIII/Kasuari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Hasil pemeriksaan sampel swab para personil BKO TNI AD di Manokwari, telah rampung dan dikembalikan ke Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat.

Direktur RSUD Rujukan Provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengaku pemeriksaan sampel dilakukan melalui RT-PCR (real time polymerase chain reaction).

“Sesuai dengan kesepakatan, kami kembalikan hasil itu ke institusi,” bebernya, Selasa (28/7/2020).

Menurut dia, hasil sampel yang dimaksud memang belum diumumkan karena akan diteruskan ke pimpinan TNI AD, yakni Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). Pihak RSUD Rujukan saat ini tinggal menunggu koordinasi lanjut.

Meski tak menjawab secara detail, namun Arnold yang juga sebagai Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Papua Barat ini, mengiyakan jika ada hasil sampel yang positif.

Sebelumnya, selain memeriksa sampel para personil BKO TNI AD, Satgas Penanganan COVID-19 Papua Barat, juga menelusuri kontak untuk mencegah penularan. Tracing kontak dilakukan terhadap sejumlah warga sekitar Badan Diklat Pemprov Papua Barat di Anday, Manokwari.

“Ratusan personil BKO ini menempati Badan Diklat. Kami melakukan upaya pencegahan di sekitar lokasi itu. Sejumlah warga ikut diperiksa,” beber Arnold.

Ia menyebut sudah puluhan warga sekitar lokasi Badan Diklat, yang diperiksa. Uni diakui sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

TNI AD mengirim 411 personil BKO ke Manokwari, akhir Juni 2020 dari sejumlah Kodam di Indonesia. Mereka tiba bertahap di Manokwari, 28 Juni hingga 2 Juli, untuk mendukung pembentukan Kodim dan Koramil di Papua Barat.

Ratusan personil ini sempat menjalani pembekalan selama 15 hari di Kodam XVIII/Kasuari, tanggal 2-15 Juli 2020.

Sebelum disebar, mereka menjalani pemeriksaan dan awalnya 36 personil diantaranya terkonfirmasi positif COVID-19. Akhirnya, seluruh personil BKO TNI AD yang didatangkan ke Manokwari, harus menjalani pemeriksaan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan