Hasil Swab 338 Anggota BKO TNI Manokwari, Diumumkan Hari Ini



Foto : Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. Hari ini diumumkan hasil pemeriksaan ratusan anggota BKO TNI AD di Manokwari. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Satgas Penanganan COVID-19 provinsi Papua Barat, akan mengumumkan hasil swab 338 personil Bawah Kendali Operasi (BKO) TNI Angkatan Darat di Manokwari, Rabu (22/7/2020) hari ini.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengatakan pemeriksaan sampel swab dilakukan Selasa di laboratorium PCR RSU Papua Barat.

“Hasilnya akan kita akan umumkan bersama-sama hari Rabu,” ujarnya Selasa (21/7/2020) di Manokwari.

Menurutnya, ini diawali saat pemeriksaan rapid tes 177 prajurit, 35 diantaranya reaktif dan dilanjutkan dengan PCR dengan hasil positif. Kemudian bertambah satu orang berdasarkan hasil rapid tes yang sebelumnya non reaktif.

“Hasil itu kemudian kita sampaikan ke Kodam VXIII/Kasuari, kemudian diambil swab u periksa 338 prajurit di Badan Diklat Provinsi,” terangnya.

Tim Satgas COVID-19 Papua Barat, kemudian melakukan tracing kontak dengan anggota Kodam Kasuari, termasuk warga yang berdomisili dekat Badan Diiklat Pemprov Papua Barat. Penelusuran sebagai langkah antisipasi, sekira 20-30 warga juga sudah diambil swab.

Sebelumnya 411 prajurit BKO TNI AD dikirim ke Papua Barat, untuk mendukung pembentukan kodim dan koramil sejumlah daerah di Papua Barat.

Rinciannya, Kodam I/Bukit Barisan (59 orang), Kodam II/Sriwijaya (40), Kodam III/Siliwangi (42), Kodam IV/Diponegoro (56), Kodam V/Brawijaya (62), Kodam VI/Mulawarman (22), Kodam IX/Udayana (19), Kodam XII/Tanjungpura (13), Kodam XIII/Merdeka (22), Kodam XIV/Hasanuddin (22), Kodam Jaya 30 dan Kodam Iskandar Muda (24 orang).

Mereka tiba secara bertahap di Manokwari, sejak 28 Juni 2020 dan menjalani pembekalan 14 hari, tanggal 2-15 Juli 2020. Pembekalan dilaksanakan di Badan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Provinsi Papua Barat.

“Sesuai prosedur sebelum ke tempat tugas, mereka wajib menjalani pemeriksaan COVID-19. Hasil pemeriksaan, 36 diantaranya positif sesuai hasil PCR RSU Papua Barat,” jelas Arnold.

Para prajurit ini bakal ditempatkan di Kodim persiapan Manokwari Selatan, Kodim persiapan Pegunungan Arfak dan Kodim persiapan Teluk Wondama. Kemudian, Kodim 1809/Teluk Bintuni, Kodim persiapan Sorong Selatan, Kodim persiapan Maybrat dan Kodim persiapan Tambrauw. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan