Informasi Program Tangan Kasih Minim, Manokwari Tambah 2.000



Ketua Harian Satgas COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir (kiri) bersama penerima bantuan Tangan Kasih di Manokwari, Jumat (19/2/2021). (els/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Ketua Harian Satgas Corona Virus Disease (COVID-19) Papua Barat, Derek Ampnir mengungkap bantuan tangan kasih disalurkan bagi 5.099 warga Manokwari. Meski demikian, informasi program itu dinilai cukup minim.

Penyaluran bantuan dilakukan di Bank Mandiri, Papua, BNI dan BRI, dengan tujuan memacu perekonomian warga di tengah pandemi COVID-19. Ini sekaligus merangsang usaha warga kalangan menengah ke bawah.

Menurutnya, minimnya informasi merupakan kendala dari implementasi bantuan tangan kasih pemprov Papua Barat.

“Saya sidak untuk memantau langsung proses penyaluran di bank dan juga berkunjung ke pangan sektor masyarakat. Dipastikan, mereka belum tersentuh informasi program Pemprov,” ujarnya, Jumat (19/2/2021).

Beberapa mama asli Papua yang berjualan sayur dan buah-buahan di Sowi distrik Manokwari Utara, mengaku belum mengetahui informasi itu. Begitu pula sejumlah pejasa ojek yang ditemui.

Derek menganalisa seperti apa informasi yang diperoleh masyarakat dari pemprov Papua Barat. Ternyata kurang merembes atau menyentuh ke bawah karena minimnya manajemen informasi dari Organisasi Perangkat Daerah.

Faktanya, ada sebagian masyarakat yang menerima di bank dan ada masyarakat yang tidak menerima pada saat mengecek nama di bank.

”ini yang saya pastikan fakta yang kita bicarakan pada saat rapat, apakah sama atau tidak dengan yang terjadi di lapangan. Dan memang benar, masyarakat yang ada di Manokwari, berada di dekat kita namun belum tersentuh informasi yang baik,” bebernya.

Padahal ada media sebagai penyedia informasi dan juga perangkat di sekitar seperti RT/RW. Dengan itu, ia mengukur jika COVID-19 masih merajalela karena minimnya informasi untuk menyadarkan masyarakat.

“Itu baru ekonomi, belum lagi kita bicara penanganan COVID-19,” cetusnya.

Selama dua hari (16 dan 17 Februari), ia berkeliling memantau langsung di pedalaman Sorong Selatan, Maybrat dan perbatasan Kota sorong.

“Jadi kebijakan Gubernur Papua Barat wajib diimplementasikan,” pesannya.

Sesuai rencana akan ada penambahan 2.000 penerima bantuan tangan kasih di Manokwari, yang datanya kini telah diaudit auditor. Diharapkan informasi jelas bagi para penerima bantuan, agar penyaluran nanti berjalan tepat sasaran. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan