Ini Pesan Kapolda-Gubernur untuk Pokdarkamtibmas Papua Barat



Foto : Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan bersama Kapolda Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, saat pelantikan Pokdarkamtibmas Papua Barat, Senin (20/7/2020). (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas), resmi dikukuhkan, Senin (20/7/2020) di Polda Papua Barat. Namun pengukuhan kelompok mitra Polri ini, tak lantas menghilangkan tanggung jawab semua pihak untuk menjaga keamanan bersama.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, mengungkap kehadiran Pokdarkamtibmas untuk mencegah dan menangkal gangguan Kamtibmas.

“Ini juga membangun kemitraan antara polisi dan masyarakat. Pengurus Pokdarkamtibmas harus bangga dan semangat,” sebutnya.

Kapolda menyebut misi Pokdarkamtibmas adalah memberi penyadaran hukum, membangun komunikasi efektif bagi masyarakat, kelompok atau komunitas termasuk mendorong partisipasi pencegahan gangguan Kamtibmas.

Ia berpesan bagi seluruh masyarakat di Papua Barat, agar ikut terlibat aktif menjaga keamanan dan ketertiban umum.

“Ini sangat penting bagi kita semua. Jumlah anggota Polri tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia, termasuk di Papua Barat,” paparnya.

Senada, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan keamanan merupakan kebutuhan untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang serasi, selaras dan seimbang.

“Masalah gangguan Kamtibmas sangat kompleks, jika dibiarkan tanpa pencegahan, akan meningkatkan kejahatan,” ujarnya.

Pembentukan Pokdarkamtibmas, dinilai sebagai upaya kepolisian untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Pengurus yang baru dilantik diharapkan bermitra dan membantu upaya terwujudnya kamtibmas.

“Hendaknya berperan sebagai sumber informasi, deteksi dan mampu memecahkan masalah sosial di masyarakat,” pesan gubernur.

Pelantikan pengurus kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pordakamtibmas) provinsi Papua Barat, masa bhakti 2020-2024, dihadiri sejumlah pihak, baik pejabat terkait dan tokoh masyarakat. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan