Ini Pesan MUI Pabar Untuk Sholat Idhul Adha 31 Juli 2020



Foto : Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrau. (istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Majelis Ulama Indonesia, Provinsi Papua Barat, menambah tempat pelaksanaan sholat Idhul Adha di Manokwari, Papua Barat, tanggal 31 Juli 2020.

Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrau mengatakan sholat Idhul Adha tetap digelar, dengan mengutamakan protokol kesehatan. Para jamaah juga diwajibkan mencuci tangan serta menggunakan masker dan patuhi jarak.

“Kalau tahun lalu hanya 10 titik pelaksanaan sholat idhul adha, tahun ini ditambah. Baik di seluruh masjid, mushola dan tempat lain,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/7/2020) di Manokwari.

Meski demikian, saat ini MUI Papua Barat, masih menunggu koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat. Ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini penyebaran virus Covid-19, sekaligus sebagai langkah antisipasi bersama.

Dirinya mengaku hasil koordinasi yang dimaksud, paling tidak sudah diperoleh pekan ini.

“Dari hasil koordinasi itu nanti jadi acuan untuk kami (MUI) rumuskan bersama, apa yang harus dilakukan saat perayaan idhul adha nanti,” bebernya.

Kordinasi juga dilalukan dengan tim dari dinas kesehatan, untuk memastikan kesehatan hewan kurban saat perayaan.

“Saat pemotongan hewan kurban juga dibatasi. Jamaah tidak berkumpul, nanti petugas akan mengantar langsung ke rumah warga,” kata Ahmad lagi.

Menurut dia, pelaksanaan sholat Idhul Adha sesuai fatwa MUI pusat, tetap mengedepankan protokol kesehatan. Meski demikian, akan ada pertimbangan khusus dalam situasi tertentu.

“Jika ada hal urgen terkait Covid-19, akan kami pertimbangkan kembali,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan