‘Jangan Hanya Duduk Manis’, Sepenggal Pesan Jaksa Agung RI untuk Kejati PB



Foto : Rangkaian acara peresmian Kejati Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Jaksa Agung RI, Dr. H Sanitiar Burhanudin, S.H, M.H, menyampaikan pesan penting untuk Kejaksaan Tinggi Papua Barat. Salah satunya, pimpinan, pejabat dan staf tak hanya duduk manis dalam ruangan ber-AC di kantor.

“Pesan Ini disampaikan saat saya menghadap Jaksa Agung di Jakarta,” beber Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Yusuf, S.H, M.H, saat peresmian kantor Kejati Papua Barat di Manokwari, Selasa (7/1/2020).

Kejati Papua Barat diingatkan memprioritaskan penanganan perkara secara preventif, edukatif dan persuasif serta represif selama upaya optimum remedium atau upaya terakhir.

“Kita juga dituntut aktif untuk turun ke lapangan dan memecahkan masalah. Tak boleh berdiam diri dan bersembunyi di balik meja kerja. Tepuk tangan dulu,” paparnya.

Pesan lainnya, Jaksa Agung mengingatkan identifikasi, pemetaan dan menganalisa termasuk formulasi untuk mewujudkan penegakan hukum disertai solusi yang tepat.

“Kita tidak hanya berpijak pada aturan positif, tetapi juga harus mempertimbangkan nilai serta kearifan lokal demi memastikan suasana  yang kondusif,” jelas Yusuf.

Dirinya yakin akan kinerja Kejaksaan Tinggi Papua Barat ke depan, meski hanya menepati kantor sementara. Koordinasi lintas sektor akan dilakukan baik bersama pihak penegak hukum lainnya dan pemerintah daerah.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menilai kehadiran Kejati Papua Barat sesuai kebutuhan daerah untuk penangan perkara setingkat di atas Kejaksaan Negeri Manokwari.

Kinerja Kejati Papua Barat dalam penanganan kasus dan penegakan hukum, diharapkan taat aturan dan tidak tebang pilih.

“Siapa yang bekerja jujur di atas tanah ini, akan melihat tanda heran yang satu ke tanda heran yang lain,” pesan Dominggus.

Untuk sementara Kejati Papua Barat menempati gedung eks Mapolda Papua Barat, sambil menunggu pembangunan kantor baru di kompleks perkantoran Arfai, Distrik Manokwari Selatan. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan