Jemaat Barendz Inoduas Pamer Dapur Berjalan di Parade Injil Manokwari



Foto : Barapen di Dapur Berjalan saat Parade Injil sambut HUT PI ke-165 di Manokwari, Senin (3/1/2020).

Foto : Barapen di Dapur Berjalan saat Parade Injil sambut HUT PI ke-165 di Manokwari, Senin (3/1/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Parade Injil jelang HUT Pekabaran Injil ke-165 di Manokwari, Senin (3/1/2020), menampilkan ribuan peserta dari berbagai Sinode se-Tanah Papua.

Dari sekian banyak peserta, satu diantaranya berhasil menarik perhatian warga Manokwari. Adalah parade Dapur Berjalan dengan membakar batu (Barapen) oleh jemaat GKI Barendz Inoduas, Pami Distrik Manokwari Utara.

Selain Barapen, ada pula sejumlah hasil kebun, beragam sayur dan buah-buahan yang ikut ditampilkan.

Ketua jemaat Barendz Inoduas, Riman Paiki menjelaskan dapur berjalan merupakan wujud dan ciri khas masyarakat yang hidup di kampung atau daerah pinggiran.

“Yang kami tampilkan ini sesuai dengan ciri khas Papua, tentang kehidupan masyarakat di kampung-kampung,” terangnya.

Menurut dia terdapat beragam makanan yang dipajang di dapur berjalan, diantaranya Barapen berisi masakan daging serta ikan laut dan buah segar seperti Rambutan, Durian, Nanas, Pisang serta buah pinang.

Foto : Beragam hasil kebun menghiasi Dapur Berjalan Jemaat GKI Barendz Inoduas, Pami, Distrik Manokwari Utara, Senin (3/1/2020).

Parade ini dinilai sebagai tradisi menyambut hari Pekabaran Injil yang nantinya dirayakan di Pulau Mansinam, 5 Februari.

Parade Injil sendiri berjalan semarak dengan menampilkan ribuan orang dari berbagai denominasi gereja di Tanah Papua.

Meski demikian, kegiatan ini diyakini memiliki tujuan yang sama, memuliakan nama Tuhan sebagai ungkapan syukur atas peradaban Papua yang dilakukan dua penginjil Ottow-Geisler tahun 1885 silam.

“Semuanya semata hanya satu tujuan untuk memuliakan nama Tuhan,” singkatnya.

Dapur berjalan jemaat GKI Barendz Inoduas sendiri saat parade berada diantara Jemaat Manyosi Wirsi dan Sekolah Tinggi Teologi (STT) Erikson-Tritt Manokwari. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan