Jujur Itu Sakit kah ? Bintuni Buktinya, Banyak Pasien Covid Sembuh



Foto : Juru bicara Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, dr. Wiendo Syahputra Yahya, Sp.P. Kejujuran pasien hal penting penanganan Covid-19. (istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Pola penanganan Covid-19 di Kabupaten Teluk Bintuni, boleh dikatakan berhasil. Sejauh ini tercatat 33 pasien Covid yang dinyatakan sembuh, dari temuan 42 kasus, per Senin (1/6/2020).

Koperatif dan kejujuran pasien menjadi hal penting bagi tim Gugus Tugas kabupaten Teluk Bintuni. Terutama pelacakan aktif terhadap kontak erat orang terpapar virus.

Juru bicara Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, dr. Wiendo Syahputra Yahya, Sp.P mengatakan pola penanganan terpadu dilakukan dibawah arahan Gustu, temuan kasus aktif dan pasif sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19.

Dari 42 kasus positif di Bintuni, 41 berasal dari OTG, satu lainnya ODP. Dan, 33 orang diantaranya dinyatakan sembuh, tersisa 9 orang di pusat karantina yang rata-rata dalam kondisi sehat.

Lokasi karantina yang disiapkan di Kampung Masina Distrik Bintuni, sementara karantina di Manimeri khusus bagi mereka yang datang dari daerah terjangkit.

Tim Gustu kabupaten Bintuni, mendeteksi kasus awal, baik melalui rapid test dan swab yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemilahan pasien. Pada umumnya pasien positif didominasi OTG.

“Peluang OTG untuk sembuh sangat besar, apalagi tanpa gejala penyakit lain. Asal penanganan sesuai protokol kesehatan Covid-19 dari Kemenkes,” paparnya.

Selain pasien yang pro aktif dalam hal melaporkan riwayat perjalanan atau kontak dengan orang positif, tim medis juga pro aktif turun lapangan. Apalagi kni pemeriksaan swab mandiri berlaku usai restu dari Kemenkes.

“Tanggal 19 Mei kita dapat ijin dari Kemenkes, sekarang pemeriksaan swab dengan PCR sendiri. Hasilnya cepat, penanganannya juga cepat,” kata dokter Wiendo.

Soal new normal, Kabupaten Bintuni juga menyiapkan regulasi dan akan disosialisasikan menuju fase normal secara bertahap. Ini, tambah dokter Wiendo akan dirumuskan bersama Pemkab, Gustu dan stake holder terkait. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan