Kerja SAR Tak Kenal Libur, Utamakan Kecepatan Demi Keselamatan Sesama



Foto : Kepala Kantor SAR Manokwari, George Leo Mercy Randang.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari saat ini masih terbatas dalam hal jumlah personil. Meski demikian personil SAR Manokwari tak mengenal libur dan tetap beraktivitas sesuai jadwal.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, George Leo Mercy Randang menerangkan jumlah personil lapangan berjumlah 32 orang.

Jumlah ini merupakan pegawai tetap (PNS) termasuk pos SAR Wondama dan Bintuni.
Sedangkan total keseluruhan saat ini berjumlah 52 personil, 20 diantaranya merupakan tenaga honorer.

“Sesuai aturan dari pusat, personil SAR tidak mengenal hari libur. Jadi jangan mau kerja di SAR jika ingin santai dan liburan,” terangnya belum lama ini saat kegiatan bersama wartawan di Manokwari.

Menurutnya personil SAR dituntut tanggap dan bergerak cepat demi menyelamatkan jiwa manusia yang terancam bahaya.

Dicontohkan sejak menerima laporan, respon awal personil sekira 25 menit sejak keluar dari halaman kantor.

“Siapkan peralatan dan kadang rapat kilat pun dilakukan di atas kapal untuk memetakan lokasi pencarian, jika terjadi kecelakaan di laut,” paparnya.

Kantor SAR Manokwari membawahi 4 wilayah kerja, diantaranya Kabupaten Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni.

Disisi lain rekruitmen secara nasional akan dilakukan Basarnas dengan menerima 300 personil. Kantor SAR Manokwari sendiri mendapat tambahan 16 personil.

Lima personil lapangan, satu personil di KM Kumbakarna (ABK) dan satu personil lainnya di bidang komunikasi serta staf keuangan.

Sedangkan latihan rutin untuk menjaga kebugaran personil digelar setiap hari Senin dan Kamis. Latihan gabungan bersama unsur TNI/Polri, BNPB dan potensi SAR juga digelar rutin setiap tahun.

Tahun 2020, SAR Manokwari akan menggelar latihan rutin di Kabupaten Teluk Bintuni. (pzk/nn)

 

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan