Ketua Dekranasda Fakfak, Kaimana dan Sorsel Dilantik



Pelantikan Ketua Dekranasda Fakfak, Kaimana dan Sorong Selatan di Auditorium PKK Arfai Manokwari, Selasa (27/4/2021).

MANOKWARI – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Fakfak, Kaimana dan Sorong Selatan, dilantik Selasa (27/4/2021) di Auditorium PKK Arfai Manokwari.

Mereka yang dilantik, diingatkan segera menyusun keanggotaan, SK pengurus dan menyusun program jangka pendek, juga jangka panjang.

Ketua Dekranasda Papua barat, Ny. Yuliana Mandacan mengatakan Dekranasda sebagai lembaga independen dan Nirlaba tempat berhimpun pemangku kepentingan bidang seni kerajinan.

“Sebagai salah satu mitra pemerintah, tugas dan fungsi Dekranasda untuk menggali, melindungi melestarikan, membina dan mengembangkan seni,” terangnya.

Menurutnya, kerajinan merupakan berbagai warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya para perajin.

Dalam tahun ini, Dekranasda Papua Barat akan menjalankan program mengumpulkan hasil kerajinan sesuai ciri khas 12 kabupaten dan 1 kota di Papua Barat.

“Ketua Dekranasda yang baru dilantik, segera menyusun program kerja dan jangan lupa menyiapkan produk kerajinan yang menunjukkan ciri khas daerah,” pesannya.

Asisten III Setda Pemprov Papua Barat, Raymond Yap menilai kehadiran Dekranasda diharapkan mengangkat potensi kerajinan tangan hingga tingkat nasional dan internasional.

“Bagaimana memberdayakan pengrajin asli Papua, dengan ciri khas hasil karya masing-masing daerah. Ini tugas yang harus dilakukan demi meningkatkan kesejahteraan,” sibgkatnya.

Pelantikan dengan penerapan protokol COVID-19 ini, menyusul pelantikan tiga bupati dan wakil bupati pemenang Pilkada Desember 2020, yakni kabupaten Fakfak, Kaimana dan Sorong Selatan.(els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan