KMB Papua Barat, Desak Ambrocius Minta Maaf Kepada Rakyat Papua



Surat Pernyataan Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) provinsi Papua Barat. Mendesak Ambrocius Nababan meminta maaf kepada rakyat Papua. (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) provinsi Papua Barat, mendesak Ambrocius Nababan segera meminta maaf secara terbuka kepada Natalis Pigai dan juga rakyat Papua.

Desakan ini merupakan satu dari enam poin dari surat pernyataan sikap Nomor : 02/KMB-PB/ PS/I/2021 yang dikeluarkan KMB Papua Barat, Minggu (24/1/2021).

Dalam surat pernyataan itu menyebut ciutan rasis Ambrocius Nababan melalui akun Facebooknya sangat meresahkan rakyat Papua. Pernyataan yang bersangkutan mengatasnamakan pribadi, bukan mengatasnamakan suku atau golongan.

“Kami sangat sesalkan pernyataan yang dilontarkan saudara Ambrocius Nababan. Penegakan hukum harus dilakukan terhadap segala upaya Rasis, siapa pun dia,” tegas Sekretaris KMB Papua Barat, Roy Marthen Sibarani, Senin (25/1/2021).

Seluruh Ketua kerukunan Batak di kabupaten/kota di Papua Barat, diimbau menyimak dengan serius segala perkembangan yang terjadi secara arif dan bijaksana.

“Atas tindakan saudara Ambrocius tersebut, kami ikut prihatin dan turut merasakan apa yang saat ini dirasakan saudara-saudari kita (rakyat Papua),” demikian bunyi poin ke enam surat pernyataan itu.

Ambrocius Nababan, menjadi topik perbincangan beragam media sosial buntut pernyataannya melalui akun Facebook dengan menyudutkan Natalis Pigai soal penolakan Vaksin COVID-19.

Sayangnya status Facebook yang bersangkutan berbau Rasis, terlebih menyandingkan foto Natalis dengan wajah (maaf) seekor hewan. Hal ini membuat Ambrocius dikritik dan dituntut berbagai kalangan untuk segera meminta maaf secara terbuka. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan