Krisis Air Bersih, Warga 3 Kampung Ini Harus Jalan Kaki 4 Kilo



Foto : Kepala Kampung Nisandauw, Yosias Narai (kanan) dan Tokoh Pemuda Tambrauw, Ferdinand Asentowi.

MANOKWARI, Nokennews.com – Ketersediaan air bersih menjadi masalah bagi warga di 3 kampung di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Bahkan hal ini sudah berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

Ketiga kampung di Distrik Mawabuan ini adalah Kampung Asrawi, Nisandauw dan Kampung Tomas.

Kepala Kampung Nisandauw, Yosias Narai mengatakan warga harus berjalan kaki sejauh 4 kilo demi mendapatkan air bersih.

“Sudah sekian lama kami kesulitan memperoleh air bersih. Harus jalan kaki 4 kilo ke sumber air,” ujarnya, Rabu (29/1/2020).

Yosias yang juga kepala suku Mawabuan ini berharap hal ini menjadi perhatian pemerintah daerah setempat.

“Kalau untuk kebutuhan sarana perumahan sudah, pemerintah daerah sudah bangun rumah-rumah untuk masyarakat. Hanya air bersih saja yang masih susah,” terangnya.

Tokoh Pemuda Tambrauw, Ferdinand Asentowi mengaku sejumlah warga di Distrik Senopi juga mengalami hal yang sama, sulit mendapatkan air bersih.

Keluhan akan keterbatasan air bersih ini pernah disampaikan dalam beberapa pertemuan dengan pihak terkait, termasuk saat kampanye Pilkada lalu.

“Masyarakat selalu memberi hak suara saat Pilkada, baik pemilihan gubernur maupun bupati, tetapi sampai sekarang belum terjawab,” ungkapnya.

Melalui instansi teknis, Ferdinand meminta Pemprov Papua Barat maupun Kabupaten Tambrauw memperhatikan keluhan masyarakat ini.

“Kami berharap menikmati air bersih tahun 2020 ini,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan