Lengkap, Rindam dan SPN jadi Harapan Cerah Anak Papua di Pabar



Foto : Pemaparan program SPN Polda Papua Barat, Rabu (23/6/2020) di Manokwari. Diharapkan kelak menjadi perahu kesuksesan anak Papua Barat. (Humas Polda Pabar)

MANOKWARI, Nokennews.com – Kehadiran Rindam VXIII Kasuari, bakal diikuti hadirnya Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda Papua Barat. Kedua sarana pendidikan TNI/Polri di kabupaten Manokwari Selatan ini, diharapkan kelak menjadi pintu gerbang bagi SDM putra-putri Papua.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing mengatakan kehadiran SPN untuk pendukung kenaikan tipe A Polda Papua Barat.

“Itu salah satu syarat Tipologi Polda Papua Barat, naik menjadi tipe A. Selain mendidik calon polisi, SPN juga bisa digunakan pemda, mendidik satpam dan security,” jelasnya saat memapar program pembangunan SPN di Manokwari, Rabu (24/6/2020).

Dalam pertemuan bersama Gubernur Papua Barat dan jajaran Forkopimda, Kapolda mengaku kehadiran SPN nanti juga merupakan milik pemerintah daerah.

“SPN di daerah lain juga demikian. Tim pengajar kami sudah siap dan bisa dimulai saat pembangunan SPN rampung,” bebernya.

Foto : Kapolda Papua Barat, Irjen Pol, Dr. Tornagogo Sihombing (kiri) dan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan. (Humas Polda Pabar)

Kapolda mengaku sangat terbantu dengan penyediaan lahan seluas 23 hektare untuk pembangunan SPN tersebut. Dan, menurutnya lahan seluas itu lebih dari cukup untuk membangun SPN.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengungkap kehadiran SPN menjadi sarana penunjang dan jembatan masa depan bagi putra-putri Papua.

“Kehadiran Rindam XVIII Kasuari dan SPN membuka peluang besar bagi anak-anak kita yang ingin mengabdi. Saya harap SPN segera rampung,” terang Gubernur.

Pemprov Papua Barat, lanjut Gubernur tetap mendukung pembangunan SPN, termasuk intens berkoordinasi dengan Pemkab Manokwari Selatan.

“Pak Kapolda, kita akan memberikan dukungan, apa yang bisa dibantu akan kami lakukan,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan