Lima Kepala Daerah Pemenang Pilkada di Pabar, Dilantik 26 Februari 2021



Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda provinsi Papua Barat, Agustinus Melkias Rumbino. (snn/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Lima Kepala Daerah pemenang Pilkada 2020 di Papua Barat, akan dilantik tanggal 26 Februari 2021. Pelantikan dilalukan secara tatap muka, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Kelima kepala daerah tersebut adalah Kabupaten Manokwari, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Raja Ampat dan Teluk Wondama.

Meski Mendagri telah mengeluarkan SK agar pelantikan dilakukan secara virtual, namun tidak dengan Papua Barat. Keinginan agar pelantikan secara tatap muka, didasari beberapa pertimbangan.

Kebijakan pusat untuk pelantikan 170 kepala daerah pemenang Pilkada 2020, agar mencegah munculnya kluster baru COVID-19.

“Ada beberapa pertimbangan jika pelantikan secara virtual, jaringan internet belum memadai apalagi sekarang cuaca tidak terlalu bagus,” ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda provinsi Papua Barat, Agustinus Melkias Rumbino, Senin (22/2/2021).

Dikatakan, kesepakatan pelantikan secara tatap muka disampaikan sejumlah Plh. Bupati saat rapat bersama belum lama ini. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi perhatian termasuk membatasi peserta.

Kesepakatan itu dituangkan dalam sebuah berita acara dan ditindaklanjuti dengan surat dari Gubernur Papua Barat, terkait kebijakan atau ijin. Apakah Papua Barat, dibolehkan menggelar pelantikan secara tatap muka.

“Soal tanggal pelaksanaan juga terkait pertimbangan masa jabatan Plh. Bupati. Apalagi hampir seluruh kabupaten telah menggelar paripurna penetapan kepala daerah terpilih.

Saat ini kelengkapan berkas pelatikan sedang disiapkan dan pengiriman dilakukan secara online mengingat waktu yang cukup singkat.

Ia mengimbau seluruh masyarakat di lima kabupaten tersebut agar bersabar, mengingat agenda ini (pelantikan) tentu sangat dinantikan. Apalagi merupakan agenda penting yang dilakukan dalam masa pandemi COVID-19. (snn/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan