LSM Mnukwari Papua Perkuat CSO Mengakses Dokumen Informasi Publik



Foto : Direktur Mnukwari Papua, Zena Aji (kanan) bersama peserta workshop penguatan informasi publik di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mnukwari Papua, memperkuat Comunity Sosial Organisation (CSO) terhadap permintaan informasi dan persidangan di Komisi Informasi Provinsi di Provinsi Papua Barat.

Direktur Mnukwari Papua, Zena Aji menerangkan penguatan CSO yang dikemas dalam sebuah workshop ini bertujuan memaparkan tahapan permintaan informasi kebijakan publik.

“CSO ini merupakan masyarakat atau mahasiswa. Bagaimana pun masyarakat termasuk mahasiswa merupakan bagian dari publik di Manokwari,” jelasnya, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya masyarakat juga harus mampu menginisiator permintaan akan informasi kebijakan publik di lingkup pemerintahan kabupaten dan juga Pemprov Papua Barat secara tepat dan tepat.

“Yang terpenting, mereka memahami Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008,” jelas Zena.

Dalam hal ini baik perseorangan maupun secara kelembagaan dapat mengajukan insiatif permintaan informasi.

Selain itu juga harus memiliki pengetahuan untuk menyelesaikan sengketa Informasi di Komisi Informasi Publik.

Dalam kegiatan tersebut, peserta yang terdiri dari perwakilan masyarakat dan mahasiswa memperoleh materi penyiapan Informasi publik, Undang Undang Informasi publik serta simulasi permintaan informasi dan persengketaan informasi.

Materi workshop ini dibawakan pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Manokwari, Johanis Ada Lebang dan Komisioner Informasi Publik (KIP) Papua Barat, Andy Saragih serta salah satu Fasilitator Komisi Informasi Publik. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan