Luapan Kali Anggris Rendam Kota Wasior, Warga Panik dan Mengungsi



Foto : Tim Pos SAR Wondama mengevakuasi warga dari jebakan banjir, Senin (23/12/2019) malam.

WONDAMA, Nokennews.com – Banjir kembali melanda kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Senin (23/12/2019) malam. Kejadian sekira pukul 20.30 WIT ini membuat panik warga.

Informasi yang dihimpun berbagai sumber menyebutkan banjir disebabkan meluapnya Kali Anggris. Selain itu, Kali Sanduay juga dikabarkan mengalami hal yang sama.

Akibatnya material banjir berupa lumpur, batu dan kayu memenuhi sejumlah lokasi di kota Wasior, salah satunya Taman Kota dan lokasi dekat pelabuhan laut.

“Hujan sempat deras dari sore. Sekarang masih banjir. Apalagi di gunung masih hujan,” ujar Indah Afrinty, warga Wasior dibalik ponsel.

Ia mengaku bersama keluarga dan sejumlah warga lain sedang bersiap-siap untuk mengungsi ke rumah kerabatnya di tepi pantai.

Humas Kantor SAR Manokwari, M. Hairul membenarkan luapan Kali Anggris merendam sejumlah tempat di tengah kota Wasior.

“Cuaca juga saat ini sedang ekstrim. Sementara sejumlah warga mengungsi di kapal yang berlabuh di pelabuhan,” bebernya via pedan Whats App.

Ia mengaku saat ini Pos Siaga Wondama sebagai unit SAR, terus memantau serta melaporkan situasi terkini.

Kabar tentang banjir Wasior baik foto dan video pun memenuhi halaman sosial media Facebook. Beragam komentar dan pesan juga ditulis para netizen.

Informasi terbaru menyebutkan saat ini sebuah Eksavator (alat berat) sedang membersihkan tumpukan kayu dan batu yang tersumbat du jembatan Kali Anggris. Sementara pembersihan jalan dari material banjir sedang diupayakan.

Kota Wasior pernah dilanda Banjir Bandang Tahun 2010 lalu. Kejadian 9 tahun lalu itu memang meninggalkan trauma mendalam.

Namun pengalaman itu justru menjadikan masyarakat kota Wasior kini lebih sigap menghadapi ancaman bencana banjir. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan