Mahasiswa : Jakarta Stop Tipu Pejabat Papua Dengan Otsus Jilid II



Foto : Aksi spontan sejumlah mahasiswa Unipa Manokwari. Menolak rencana Otsus Jilid II.

MANOKWARI, Nokennews.com – Sejumlah mahasiswa Universitas Papua (Unipa) di Manokwari, Papua Barat, menolak tegas kehadiran Otsus Jilid II yang digadang-gadang sebagai pengganti Otsus.

Mereka juga menolak evaluasi Otsus yang digagas Pemprov Papua Barat bersama salah satu LSM, yang digelar pada salah satu hotel di Manokwari.

Kordinator Aksi, Arbold Leo Randongkir menegaskan rakyat Papua sudah muak dengan janji manis Jakarta dan para elit Papua tentang Implementasi Otonomi Khusus di Tanah Papua.

“UU Negara Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus di Tanah Papua, gagal mensejaterahkan orang asli Papua,” terangnya saat aksi di depan gerbang Unipa, Selasa (28/1/2020).

Menurutnya kebijakan Otsus dari pusat yang nantinya dijabarkan hingga ke tingkat terbawah, belum tentu memuaskan hati masyarakat asli Papua. Pasalnya selama ini banyak kebijakan Otsus yang dinilai tidak tepat sasaran.

“Jakarta Stop tipu masyarakat Papua dengan gula-gula politik Otsus Papua,” tegasnya.

Randongkir menilai banyak item dalam UU Otsus tidak terlaksana di Papua, baik berupa kewenangan daerah, pembentukan Partai Politik lokal hingga janji kesejahteraan masyarakat melalui Otsus.

“Oleh sebab itu, rakyat Papua tidak butuh Otsus lanjutan lagi,” bebernya.

Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Manokwari, Fajrin Reasa menambahkan seharusnya evaluasi dilakukan tiga tahun pertama Otsus berjalan sejak November 2001.

“Kami menolak Evaluasi Implementasi Otsus Papua sebab tidak sesuai dengan amanat UU Nomor 21 Tahun 2001. Lagipula evaluasi harus libatkan masyarakat Papua secara keseluruhan agar mereka yang membuktikan Otsus berhasil atau tidak,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan