Masjid Agung Waisai Ditargetkan Rampung 2021



Foto : Pembangunan Masjid Agung Waisai. Ditargetkan rampung tahun 2021.

WAISAI, Nokennews.com – Masjid Agung Waisai di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, ditargetkan rampung Tahun 2021.

Ketua panitia, Dr. M. Yusuf Salim M.Si mengungkap pembangunan masjid sejak Juni 2019 dan akan masuk tahap pemasangan kubah.

“Sesuai rencana tanggal 22 Januari masuk salah satu proses pembangunan masjid yang sangat penting, yakni pemasangan kubah,” ujarnya, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya pemasangan kubah dilakukan bertahap, dari kubah utama hingga beberapa kubah anakan. Meski dibantu Pemkab Raja Ampat dari segi anggaran, namun Yusuf ingin partisipasi warga muslim.

“Kami berharap peran dan partisipasi umat muslim, karena tidak semua dibiayai pemerintah daerah,” terangnya.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran sejumlah tokoh muslim Raja Ampat, agar masyarakat Raja Ampat berpartisipasi sehingga kelak muncul rasa memiliki Masjid Agung Waisai.

Kehadiran masjid yang dibangun di atas lahan 65 x 65 meter ini sebagai jawaban atas kebutuhan warga muslim Raja Ampat.

“Jumlah umat semakin bertambah dan kapasitas masjid sudah tidak mencukupi. Ini juga merupakan skala prioritas Pemkab agar ada keseimbangan dalam persepsi masyarakat Raja Ampat perihal pembangunan rumah ibadah,” jelasnya.

Tinggi Masjid Agung Waisai mencapai 40,8 meter. Terdapat sejumlah kubah yang akan dipasang, diantaranya kubah utama berdiameter 22 meter dan tinggi 15 meter, Kubah mihrab berdiameter 8,5 meter dan tinggi 3,5 meter.

Terdapat pula 13 kubah anakan dengan diameter dan tinggi yang berbeda satu sama lain.

Sedangkan total anggaran pembangunan masjid sebesar Rp. 5,792 Miliar. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan