Masuk Desember 2020, Kesembuhan COVID-19 Papua Barat Capai 90,7 Persen



Jubir Penanganan COVID-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. (rls/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Kasus kesembuhan pasien COVID-19 di Papua Barat, terus meningkat. Per Rabu (16/12/2020), tercatat sudah 5.115 orang yang sembuh dari virus tersebut.

“Tingkat kesembuhan COVID-19 terus meningkat. Kini sudah 90,7 persen,” terang Juru bicara penanganan COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap.

Secara akumulatif, kasus konfirmasi positif di Papua Barat saat ini mencatat 5.641 orang dan 5.115 diantaranya berhasil sembuh.

“Hari ini ada tambahan 30 orang pasien yang berhasil sembuh. Masing-masing dari Kota Sorong 11 orang, Kaimana delapan, Manokwari tujuh, Manokwari Selatan tiga dan satu dari Fakfak,” jelasnya.

Ia mengungkap, daerah-daerah di Papua Barat yang memiliki catatan temuan kasus tinggi, angka kesembuhan pasien rata-rata sudah di atas 90 persen.

“Lima daerah yang memiliki catatan kasus cukup tinggi dibanding daerah lain di Papua Barat yakni Kota Sorong, Manokwari, Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong dan Raja Ampat angka kesembuhan yang sudah diatas 90 persen,” tambahnya.

Sedangkan untuk kasus kematian, lanjut Arnold, pasien positif COVID-19 di Papua Barat yang meninggal dunia tercatat sebanyak 98 orang atau 1,7 persen dari total kasus konfirmasi positif.

“Angka kematian pasien COVID-19 di Papua Barat tergolong rendah dibanding daerah lain di Indonesia. Artinya, imunitas masyarakat di sini cukup bagus dan harus terus dijaga,” ujarnya.

Arnold juga mengajak seluruh komponen untuk terus mewaspadai penularan COVID-19. Meskipun angka kesembuhan terus meningkat, namun catatan kasus masih terjadi di Papua Barat.

Pada 16 Desember 2020 ini terdapat 14 kasus baru di provinsi ini, masing dari Manokwari 11 kasus, dua di Kota Sorong serta satu kasus di Teluk Bintuni.

“Kasus baru masih ditemukan. Protokol kesehatan tetap wajib meskipun program vaksinasi akan segera dilakukan pemerintah,” singkatnya. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan