Masyarakat Diminta Pahami SOP dan Tak Tolak Jenazah COVID-19



Foto : Kepala Bidang Urusan Haji dan Binmas Islam, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Azis Hegemur.

MANOKWARI, Nokennews.com – Masyarakat muslim di Papua Barat, diminta memahami standar operasional penanganan khusus jenazah pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19).

Hal ini sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Binmas Islam Kemenag RI, Nomor : P-003/DJ.II/Hk.00.7/04/2020, tentang protokol penanganan COVID-19 pada area publik.

“Proses pemakaman jenazah pasien COVID-19, sesuai SOP dan dilakukan petugas medis agar virus tak menyebar. Jangan ditolak,” ujar Kepala Bidang Urusan Haji dan Binmas Islam, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Azis Hegemur di Manokwari, Rabu (8/4/2020).

Menurutnya, pengurusan jenazah pasien COVID-19 yang beragama Islam, dilakukan petugas kesehatan beragama Islam dari rumah sakit setempat.

Dan, dalam situasi darurat, penguburan beberapa jenazah dalam satu liang kubur diperbolehkan.

“Posisi jenazah dimiringkan ke kanan dan dimasukan dalam peti setelah pengafanan. Jenazah dikebumikan ke arah kiblat,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Azis, penguburan dengan cara memasukkan jenazah bersama petinya ke dalam liang kubur. Sesuai petunjuk Dirjen Binmas Islam, penguburan dapat dilakukan di TPU. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan