Menanti Jenderal Bintang Dua Pimpin Polda Papua Barat



Foto : Polda Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Status Polda Papua Barat bakal naik menjadi tipe A. Jika demikian, Polda Papua Barat bakal dipimpin Irjen Pol atau Jenderal berbintang dua.

Kepastian ini masih menunggu keputusan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan- RB).

Usulan ini juga diajukan Polda Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing mengatakan, layak tidaknya peningkatan status Polda ikut ditentukan Mabes Polri.

“Hasil dari Kemenpan-RB kemudian ditindaklanjuti Mabes Polri. Beberapa pertimbangan juga dilihat sebelum peningkatan status,” jelas kapolda, Senin (23/12/2019) di Manokwari.

Misalnya jumlah personil Polda Papua Barat yang baru mencapai 41 persen. Kekurangan personil juga menjadi pertimbangan dalam hal pemenuhan SDM Polri yang berkualitas.

Kapolda enggan Polda Papua Barat memenuhi standar untuk peningkatan status, tetapi minim SDM.

Selain personil, sarana dan pra sarana juga menjadi perhatian. Alutsista menjadi salah satu kebutuhan penting sesuai karateristik wilayah.

“Kami sudah usulkan ke Mabes Polri untuk kelengkapan alutsista Reserse dan Lantas. Semua kebutuhan akan dipenuhi secara bertahap,” terangnya.

Disisi lain seluruh jajaran di Polda Papua Barat diharapkan meningkatkan koordinasi dan kerja sama, termasuk bersama pemerintah daerah dan stakeholder.

“Tanpa dukungan semua pihak, program kerja berjalan optimal. Papua Barat harus tetap kondusif. Kita berdoa, semoga peningkatan tipe tidak mengalami hambatan,” harapnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan