MRP PB Perjuangkan Penambahan Kursi DPR Otsus



Foto : Hearing dialog MRO Papua Barat, membahas aspirasi penambahan kuota kursi DPR Otsus. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Majelis Rakyat Papua provinsi Papua Barat, siap memperjuangkan keinginan masyarakat adat, untuk menambah jumlah kursi anggota DPR Papua Barat jalur Otsus.

Hal ini terungkap saat rapat dengar pendapat antara Majelis Rakyat Papua bersama tokoh masyarakat Adat, Agama dan Perempuan di Kantor MRP Papua Barat di Manokwari, Sabtu (27/6/2020).

Ketua Pengawas Seleksi DPR Papua Barat Jalur Pengangkatan 2019-2024, Anthon Rumbruren menjelaskan keinginan masyarakat adat bertujuan agar keterwakilan 13 kabupaten/kota terpenuhi.

“Masyarakat adat menilai 11 Kursi tidak memenuhi keterwakilan 13 kabupaten/kota, maka diusulkan penambahan 2 kursi,” jelas Anthon.

Menurutnya pertemuan itu menelurkan beberapa butir rekomendasi yang ditandatangani utusan perwakilan tokoh Adat, Agama dan Perempuan.

“Setelah usulan rekomendasi ditandatangani, MRP akan mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi dan akan bertemu Mendagri untuk membahas penambahan kuota ini,” bebernya.

Anthon menyebut harapan masyarakat adat agar realisasi penambahan kuota anggota DPR jalur Otsus atau pengangkatan segera terjawab menjadi 13 kursi.

“Tujuannya menciptakan keseimbangan dengan kehadiran orang asli Papua di Parlemen. Karena selama pemilihan legislatif, OAP sangat minim di Parlemen,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan