Mualim 1 KM Sabuk Nusantara 94 Bantah Kapal Terbakar di Laut



Foto : Suasana di atas KM Sabuk Nusantara 94, Senin (3/2/2020) malam. Foto ini sempat diunggah di Facebook dan menyebut insiden kebakaran kapal.

MANOKWARI, Nokennews.com – Mualim Satu KM Sabuk Nusantara 94, Josua Jeremias membantah informasi yang menyebut kapal terbakar saat perjalanan dari Biak menuju Pulau Numfor, Selasa (4/2/2020) tengah malam.

“Tidak terbakar tetapi itu smoke signal. Ya mungkin yang lihat melalui gambar dikira terbakar benaran, padahal tidak,” jelasnya saat dikonfirmasi di pelabuhan Manokwari, Selasa sore.

Menurut dia, kejadian ini tak sengaja dilakukan dan memang sempat menimbulkan kepanikan penumpang.

Dugaan kuat lainnya, ada penumpang yang menyentuh smoke signal secara tidak sengaja sehingga mengeluarkan asap yang cukup banyak.

Sebelumnya informasi ini ramai diperbincangkan di dunia maya. Salah satu akun Facebook menulis insiden kebakaran KM Sabuk Nusantara 94 dalam perjalanan Biak Menuju Manokwari Pukul 21.30 WIT.

Foto : KM Sabuk Nusantara 41 yang sandar di Pelabuhan Laut Manokwari. Kapal dengan jenis yang sama sempat dikabarkan mengalami insiden kebakaran.

Disisi lain kepadatan penumpang dari Biak tujuan Numfor-Manokwari berjumlah 415. Meski demikian jumlah ini tidak melebihi kapasitas sesuai ketentuan pelayaran.

“Kapasitas muat kapal mencapai 440 penumpang. Bisa juga lebih hingga 479 sesuai batas dispensasi jika penumpang membludak,” bebernya.

Josua mengaku belum bisa memastikan apakah kapal ini juga masuk dalam hitungan panitia HUT PI, 5 Februari besok untuk melayani penumpang dari Manokwari ke Pulau Mansinam.

“Belum pasti, tetapi kami rencana berangkat jam 11 malam sebentar,” singkatnya.

KM Sabuk Nusantara 94 merupakan salah satu kapal perintis yang melayani pelayaran antar pulau di Papua-Papua Barat.

Terdapat beberapa kapal Sabuk Nusantara lain yang juga melayani pelayaran yang sama, terutama menjangkau pulau-pulau di pesisir Papua. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan