MUI PB Segera Putuskan, Salat Idul Fitri di Rumah Atau Berjamaah



Foto : Logo MUI. Keputusan ada tidaknya salat berjamaah saat Idul Fitri akan diputuskan MUI Papua Barat.

Foto : Logo MUI. Keputusan ada tidaknya salat berjamaah saat perayaan Idul Fitri 1441 H, akan diputuskan MUI Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat, belum mengambil keputusan terkait pelaksanaan salat Idul Fitri nanti, apakah salat berjamaah atau dilakukan rumah.

Ketua MUI provinsi Papua Barat, Ahmad Nausrau mengaku MUI telah mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan ibadah di masa pandemi Covid-19.

“Kami akan bertemu dengan tim gugus tugas Covid-19 Papua Barat. Setelah mendapat masukan dari pemerintah daerah, dalam hal ini tim Gustu Covid-19, barulah kami rapatkan lagi secara internal,” ujarnya, Kamis (14/5/2020) di Manokwari.

Dijabarkan pembahasan bersama Gustu Covid-19 Papua Barat, dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran sejauh mana penanganan dan perkembangan Covid-19 di provinsi ini.

Setelah itu, hasilnya kemudian dituangkan dalam rapat bersama pengurus MUI Papua Barat, yang juga menghadirkan sejumlah ketua komisi.

“Hasilnya itu nanti yang akan kita putuskan, apakah salat Idul Fitri akan dilaksanakan seperti sebelum-sebelumnya, ataukah dilaksanakan di rumah masing-masing,” papar Nausrau.

Dirinya mengaku MUI pusat juga memberikan ruang kepada MUI provinsi untuk menjabarkan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Selain itu, tentu koordinasi bersama pemerintah daerah juga terus dilakukan.

“Jika Satgas Covid-19 Papua Barat mengatakan bisa, ya tentu kami laksanakan. Jika tidak, tetap ditiadakan salat berjamaah karena masih pandemi Covid-19,” ujarnya lagi.

Disisi lain MUI Papua Barat, juga akan membahas boleh-tidaknya silaturahmi saat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah nanti. Jika tidak dimungkinkan, masyarakat diimbau bersilaturahmi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Bisa dilakukan secara online atau media daring. Kita tunggu hasilnya nanti,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan