Nakes di Tiga Daerah Papua Barat, Terima Vaksin COVID-19



Suasana Vaksinasi COVID-19 perdana di Manokwari Papua Barat, Kamis (14/1/2021). (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Tenaga kesehatan tiga daerah di Papua Barat, Manokwari, Manokwari Selatan dan Kota Sorong, bersiap menerima vaksin Sinovac COVID-19 tahap pertama.

Vaksin awal ini resmi dicanangkan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Kamis (14/1/20201) di Manokwari Papua Barat. Sebanyak 3.367 tenaga kesehatan akan menerima vaksin.

Penerima vaksin awal diantaranya Pangdam XVIII/Kasuari, Wakil Kepala Kejaksaan, Direktur Binmas, pejabat daerah serta perwakilan tokoh adat dan agama.

Vaksin COVID-19 yang diterima Papua Barat untuk tahap pertama sebanyak 7.106 dosis. Tiga ribu sekian diantaranya diberikan kepada tenaga kesehatan dan sejumlah pejabat serra tokoh masyarakat.

Gubernur mengaku ingin sekali mendapat vaksin COVID-19, tetapi terkendala karena usianya sudah lebih dari 60 tahun. Ia pun mengaku siap untuk divaksin pada tahap ke dua nanti.

Ia berharap vaksinasi yang dilakukan di Papua Barat, mampu menekan laju penyebaran COVID-19 yang sudah menyentuh angka lebih dari 6 ribu kasus positif.

“Angka kesembuhan COVID-19 di Papua Barat, cukup tinggi dengan presentase 91 persen. Sedangkan tingkat kematian akibat COVID juga kecil. Semoga vaksin tahap pertana ini berjalan lancar,” terangnya.

Pencanangan vaksin selain di tiga daerah di Papua Barat, akan diikuti 10 daerah lain bulan Februari 2020, termasuk kabupaten Pegunungan Arfak yang hingga kini belum tersentuh kasus (zona hijau).

Vaksinasi COVID-19 dicanangkan resmi pemerintah Indonesia, dimulai 13 Januari 2021 dengan penerima awal adalah Presiden RI Joko Widodo. Diprediksi vaksinasi secara nasional berlangsung hingga tahun 2022 nanti. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan