New Normal ?, Kapolda Pabar : Fasilitas Publik Harus Steril Covid-19



Foto : Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing. Sebelum New Normal, fasilitas publik harus benar-benar steril. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Kebijakan New Normal yang masih dalam tahap pemberlakuan masa adaptasi, menjadi perhatian penting 12 kabupaten di Papua Barat. Kecuali Kota Sorong, yang telah menerapkan New Normal Senin kemarin.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing mengatakan New Normal untuk fasilitas publik menjadi perhatian penting. Dan metodenya dirumuskan Gugus Tugas secara detail.

Ia mencontohkan pasar sebagai fasilitas publik yang dihadiri banyak orang. Sebelum masuk New Normal, alangkah baiknya pasar pun steril, dalam arti dilakukan rapid tes masal.

“Bagaimana mau New Normal, sedangkan pedagangnya belum dilakukan rapid tes ?,” ujarnya, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, New Normal sebagai kehidupan baru, perubahan cara hidup dengan menggunakan protokol kesehatan. Menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Ditemui di Mapolda Papua Barat, di Manokwari, Jendral Bintang Dua ini menerangkan intervensi pihak keamanan dalam hal sosialisasi, tengah dilalukan saat ini.

Diharapkan masyarakat yang beraktivitas di pasar dan tempat publik lainnya di Manokwari, benar-benar menjalankan protokol kesehatan agar aman dari penularan Covid-19.

“Kita, aparat keamanan juga mengambil langkah persuasif dalam penerapan protokol kesehatan dalam berbagai sosialisasi,” bebernya.

Sejauh ini empat daerah zona hijau di Papua Barat, Kabupaten Pegunungan Arfak, Maybrat, Tambrauw dan Sorong Selatan dinilai bisa menerapkan kebijakan New Normal, tergantung kebijakan setiap pemerintah daerah setempat.

“Situasi masih terjalin dengan baik antara provinsi dan kabupaten/kota. Ada 4 wilayah hijau, bisa terapkan new Normal,” singkatnya.

Sesuai data Satuan Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, sejauh ini terdata 224 kasus positif, dengan 98 orang sembuh. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan