Ombudsman Pertanyakan Pembentukan TTP dan Penanganan Virus Corona



Foto : Kepala Ombudsman Perwakilan Papua Barat, Musa Sombuk.

MANOKWARI, Nokennews.com – Ombudsman Papua Barat, mempertanyakan pembentukan Tim Terpadu Penanganan (TTP) Virus Corona di Papua Barat.

Pemerintah Provinsi Papua Barat, diminta serius melakukan langkah pencegahan, termasuk komitmen mengamankan wilayah Papua Barat dari ancaman virus tersebut.

“Manokwari, Papua Barat masuk salah satu daerah kategori rawan. Seperti apa langkah pemerintah daerah, apakah sudah membentuk tim atau belum,” ujar Kepala Ombudsman Perwakilan Papua Barat, Musa Sombuk, Jumat (7/2/2020).

Menurutnya jika tim sudah terbentuk, harus dijelaskan pula dinas atau pihak mana yang dilibatkan serta mekanisme langkah pencegahan seperti apa.

“Saya kira kita semua patut waspada dan serius menanggapi hal ini agar nantinya tidak menjadi bencana,” bebernya.

Musa mengaku langkah tepat sudah dilakukan beberapa pihak terkait dengan memeriksa orang asing, semisal Bea Cukai, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan, Pihak Karantina dan Dinas Kesehatan.

“Kalau sudah ada tim terpadu provinsi, harus juga koordinasi dengan daerah. Mungkin sosialisasi dan beri pemahaman agar tak tercipta diskriminasi rasial di masyarakat,” ucapnya.

Sombuk menguraikan tim juga harus memiliki tempat isolasi, alat dan nahan yang disiapkan tim medis serta teknik terpadu pencegahan termasuk mencegah stigma rasial.

Sejauh ini Virus Corona dinyatakan sebagai bahaya internasional. Pemerintah pusat dan daerah diminta serius melakukan langkah pencegahan di daerah yang tergolong rawan penyebaran. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan