Papua Barat Dijatah 1400 Bintara, 100 Polwan dan 150 Sarjana Kepolisian



Rapat kerja membahas rekrutan Bintara Noken Papua Barat, Kamis (17/2/2011). (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Polda Papua Barat, bersiap merekrut 1.500 bintara Noken, program khusus yang disetujui Kapolri. Selain itu, ada pula tambahan jatah 150 orang untuk sekolah perwira Sarjana Inspektur Kepolisian (SIP).

“Mungkin Polda lain juga meminta jatah rekrutan bintara, tetapi kami yakin perhatian pemerintah pusat untuk Papua dan Papua Barat. Apa yang kami minta, pasti diberikan Kapolri,” kata Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, saat Raker Rekrutan Bintara Noken, Kamis (17/2/2021) di Manokwari.

Jatah 1.500 bintara, 100 diantaranya untuk polisi wanita (Polwan). Sedangkan kuota 150 diberikan untuk sekolah sarjana kepolisian (perwira). Semua program Polri ini dibiayai dan Otonomi Khusus (Otsus).

Tambahan 1.500 bintara ini, diharapkan menutup sedikit kekurangan personil di Polda Papua Barat, yang saat ini masih berjumlah 5.000. Sedangkan Polda Papua Barat sendiri bertipe A, dengan standar 15.000 personil.

“Kita masi membutuhkan tambahan personil. Polda Papua Barat, memiliki 10 polres, hanya minim Pagaf, Maybrat dan Tambrauw,” bebernya.

Khusus 1.500 bintara akan mengikuti pendidikan di 4 Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di Jakarta, Bali, Purwokerto dan salah satu SPN lainnya.

Orang nomor satu di Polda Papua Barat ini menyebut rekrutan bintara Noken merupakan program afirmatif yang disetujui Kapolri. Ini juga ditegaskan menjadi acuan Polda Papua Barat, mendukung pembangunan di Papua Barat.

“Terima kasih untuk Gubernur Papua Barat, MRP Papua Barat dan para bupati/wali kota. Kita didukung anggaran Rp.140 miliar, ditambah Rp.10 miliar lagi untuk program ini,” papar kapolda.

Ia berpesan kepada calon bintara, agar mempersiapkan diri sebaik mungkin. Apalagi, terdapat tambahan kurikulum saat pendidikan nanti seperti nasionalisme dan cinta tanah air.

“Sehingga kelak mereka kembali dan ditugaskan membangun Papua Barat,” ujarnya lagi.

Kapolda berjanji mengawal rekrutan 1.500 bintara Noken, termasuk 150 calon perwira, dengan tujuan yang sama, membangun sumber daya manusia orang asli Papua di Papua Barat. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan