Papua Barat Kondusif Pasca Pleno KPU, Polisi Imbau Tak Gelar Pesta Kemenangan



Tim Asistensi Polda Papua Barat, saat berada di Teluk Bintuni. Bertugas mengawasi langsung pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada. (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Polda Papua Barat, mengimbau seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati dan massa pendukung tetap menjaga Kamtibmas pasca pleno penetapan di KPUD 9 kabupaten di Papua Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi SIK mengatakan euforia berlebihan seperti konvoi dan menggelar pesta berpotensi mengganggu ketertiban umum.

“Konvoi apalagi berpesta bisa mengundang hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai muncul provokator atau pihak ke tiga,” terang Adam Kamis (17/12/2020).

Menurutnya, Pilkada tahun ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya karena masih dalam situasi Pandemi COVID-19. Dengan demikian, pelaksanaan protokol kesehatan menjadi perhatian penting, diantaranya larangan berkerumun.

Melalui rilis tertulis, ia mengungkap situasi secara umum di Papua Barat, tetap kondusif. Meski terjadi aksi protes yang dilakukan pendukung calon, tetapi dalam skala kecil dan bisa diselesaikan dengan baik.

Polda Papua Barat sendiri cukup menaruh perhatian besar terhadap pelaksanaan Pilkada di kabupaten Teluk Bintuni, dengan duet kontestan pasangan AYO dan PMK2.

Meski demikian, situasi kondusif tetap tercipta di kota Gas Bintuni, pasca penetapan pasangan PMK2 sebagai pemenang Pilkada Teluk Bintuni.

“Terima kasih untuk masyarakat Bintuni, yang ikut menjaga Kamtibmas dengan mendukung upaya pengamanan Polri dan TNI,” ungkap Adam.

Sebelumnya Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing SIK MS.i, mengirim tim Asistensi Polda Papua Barat ke Teluk Bintuni. Tim ini bertugas memantau langsung pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada baik di tingkat distrik hingga KPUD.

Tim Asistensi itu terdiri atas Kepala Biro Operasional, Kombes Pol Tri Admodjo Marawasianto SIK, Dir Intel, Kabid Propam dan Kabid Humas. Selain itu Dansat Brimob Polda Papua Barat, juga saat ini tengah berada di kabupaten Teluk Bintuni. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan