Papua Barat Masuk 10 Besar Prioritas Penerima Vaksin COVID-19



Derek Ampnir, Ketua Satgas COVID-19 Papua Barat. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Papua Barat, masuk dalam deretan 10 besar provinsi penerima vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat. Salah satu indikatornya, tingginya tingkat kerawanan penyebaran virus COVID-19.

Papua Barat bergabung dengan 9 provinsi lain, diantaranya DKI Jakarta, Sumatera Utara, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua.

Selain 10 daerah, pemerintah pusat juga memprioritaskan pemberian vaksin kepada kelompok tertentu, tenaga medis, tenaga pengajar dan TNI/Polri.

Dikutip dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bapenas), 10 daerah ini dinilai masuk zona merah tingkat penyebaran COVID-19 dan layak mendapat pasokan vaksin.

Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir membenarkan hal itu.

“Sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat, kita masuk deretan provinsi yang pertama mendapat vaksin,” bebernya belum lama ini di Manokwari.

Meski hingga akhir tahun 2020 vaksin belum masuk di Papua Barat, Derek mengatakan pemerintah provinsi tetap mendukung upaya pemerintah pusat untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

“Dukungan anggaran paling penting. Kita siapkan dari APBD yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan anggaran daerah,” bebernya.

Menurutnya, yang paling ampuh untuk mencegah penyebaran COVID-19, adalah imbauan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Paling ampuh dan saya yakin kalau masyarakat taat menjalaninya, kita bisa cegah penyebaran COVID-19 di Papua Barat,” singkatnya.

Sesuai data per Rabu (30/12/2020), jumlah kasus positif di Papua Barat, mencapai angka 5.946 orang, 5.414 orang diantaranya sembuh, sementara 130 orang meninggal dunia. Untuk pasien yang masih dirawat hingga akhir tahun 2020, berjumlah 433. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan