Papua Barat Masuk 5 Besar Penanganan Terbaik COVID-19 Nasional



Foto : Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan (duduk di belakang) saat berada di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (16/7/2020). (istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Provinsi Papua Barat, nangkring dalam urutan lima besar daerah dengan kategori penanganan COVID-19 terbaik.

Ini diungkap Presiden RI, Joko Widodo, saat bertemu dengan para gubernur se-Indonesia, membahas penyerapan APBD 2020, Kamis (16/7/2020) di Istana Kepresidenan Bogor.

Dirilis dari setkab.go.id, Presiden Jokowi menyebut provinsi DIY Yogjakarta sebagai daerah urutan pertama terbaik penanganan COVID-19, disusul Bangka Belitung (Babel), Sumatera Barat, Gorontalo dan Papua Barat.

Presiden juga sempat berbincang dengan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, terkait penanganan Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Papua Barat.

Provinsi Papua Barat, masuk dalam urutan daerah terbaik penanganan COVID-19. Tingkat kesembuhan pasien positif yang tinggi dan hanya tercatat 4 kasus kematian.

Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo, sebelumnya juga menyebut Papua Barat masuk saah satu daerah yang cukup berhasil menangani COVID-19.

“Hanya empat orang yang meninggal akibat COVID-19 atau sekitar 1,5 persen dari total kasus positif. Angka ini cukup kecil jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia,” jelasnya saat berkunjung ke Manokwari, Selasa (7/72020) lalu.

Foto : Ketua Pelaksana Harian Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir. (els/nn)

Di sisi lain, dua daerah di Papua Barat, kini masuk Zona Hijau, Teluk Bintuni dan Manokwari Selatan. Beberapa daerah lain juga saat ini sedang bergegas menuju ke zona tersebut.

Secara terpisah, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir mengatakan capaian ini merupakan kerja keras semua stakeholder kabupaten/kota di Papua Barat.

Tim Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, disebutnya berupaya meningkatkan koordinasi penanganan dengan seluruh Gugus Tugas kabupaten/kota

“Tentu kita terus bekerja, mempertahankan atau meningkatkan apa yang sudah dicapai saat ini,” singkatnya Kamis malam melalui pesan tertulis.

Rilis data terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Papua Barat per Kamis (16/7/2020) malam, kasus positif berjumlah 296, dengan 202 orang dinyatakan sembuh. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan