Papua Barat Siaga Corona, Ampnir : Lockdown Jika Status Darurat



Foto : Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Derek Ampnir. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat, masih berada di level status Siaga dalam penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Papua Barat.

“Papua Barat masih berstatus Siaga, belum berstatus Darurat,” ucap Ketua Satgas Penangan Covid-19 Papua Barat, Derek Ampinir, Rabu (25/3/2020) di Manokwari.

Menurutnya sejumlah kebijakan akan dilakukan pemerintah jika Papua Barat sudah berstatus Darurat Covid-19.

“Berdasarkan tahapan penyelenggara dan pengelolaan, Papua Barat masih siaga. Kalau situasi darurat, kita bisa lakukan apa saja untuk lindungi masyarakat, termasuk langkah Lockdown,” terangnya.

Ditekankan, pemerintah daerah dengan status siaga bisa melakukan langkah pencegahan sekaligus edukasi dan sosialisasi untuk menyiapkan masyarakat. Jika terjadi kemudian, langkah penanganannya sudah disiapkan.

Ampnir menilai tak ada salahnya permintaan penutupan akses bandara dan pelabuhan laut. Tetapi lebih bijak harus menyiapkan apa yang dibutuhkan masyarakat.

“Jangan langsung kita minta tutup. Kita harus hitung, berapa besar keuntungan dan kerugian ketika bandara dan pelabuhan ditutup. Berapa besar bahan pangan kita,” bebernya.

Sebelumnya, Solidaritas Warga Manokwari, mendesak pemprov Papua Barat menutup akses transportasi laut dan udara. Mereka menilai langkah ini bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Manokwari. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan