Pasien Positif Covid-19 di Papua Barat Berpotensi Sembuh



Foto : Jubir Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap bersama jurnalis saat jumpa pers di Manokwari. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Hingga Senin (5/5/2020), jumlah pasien positif Corona Virus Disease atau Covid-19 di Papua Barat, mencapai 49 kasus. Tambahan 6 kasus terbaru di kabupaten Raja Ampat, melengkapi 43 kasus sebelumnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap, mengatakan pasien positif Covid-19 berpotensi untuk sembuh.

“Mereka yang terinfeksi memiliki kecenderungan sembuh ketimbang di rawat di ruang isolasi pasien yang sedang sakit,” terangnya.

Dikatakan, rata-rata mereka yang terinfeksi positif Covid-19 adalah yang berstatus OTG atau Orang Tanpa Gejala sakit.

Ia mencontohkan empat pasien positif yang dikarantina di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat, menunjukan tanpa gejala sakit. Dan, mereka memiliki potensi untuk sembuh ketimbang harus dirawat di rumah sakit.

“Memang satu pasien diantaranya sedang sakit karena memiliki riwayat penyakit yang lain,” bebernya.

Di sisi lain masyarakat diimbau menghilangkan stigma negatif kepada pasien positif Covid-19. Sebaliknya, memberikan dukungan agar pasien lebih cepat pulih dan sembuh.

Dirinya menegaskan virus Corona tidak menyebar melalui udara, sehingga warga tidak perlu cemas dengan keberadaan pasien. Akan tetapi lebih baik menggunakan masker, menjaga jarak saat berkomunikasi dan wajib mencuci tangan usai bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan pasien.

“Saya harap masyarakat wajib mencuci tangan, menjaga jarak agar saat berkomunikasi, menjaga diri tetap sehat dan ikuti anjuran pemerintah,” pesannya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan