Pembersihan Pesisir dan Laut, Usung Raja Ampat Ocean Calling



Foto : Raja Ampat Ocean Calling, salah satunya pembersihan terumbu karang di laut Raja Ampat. (ars/nn)

WAISAI, Nokennews.com – Sejumlah komunitas pemerhati lingkungan menggagas sebuah kegiatan bertajuk Raja Ampat Ocean Calling. Kegiatan ini menjadi bagian dari tujuan menata serta memelihara keindahan alam pesisir dan laut.

Selain membersihkan pesisir, pembersihan laut dari sampah dilakukan sejumlah penyelam. Mereka mengangkat Bintang Laut Berduri atau Crown of Thorna Starfish (CoTS), yang mengancam kehidupan terumbu karang di laut Raja Ampat.

Selingan kegiatan edukasi juga digelar bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya kebersihan pantai.

“Sekaligus ajang silaturahmi antar komunitas di Waisai Raja Ampat, dengan pemerintah serta pihak terkait yang terlibat dalam kegiatan,” aku Rani, Ketua Tim penyelenggara kegiatan Raja Ampat Ocean Calling.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan kabupaten Raja Ampat, Yoseph HW. Mirino mengatakan pemerintah daerah mendukung dengan menyiapkan truk sampah dan sarana pendukung.

Foto : Edukasi kepada masyarakat pesisir di Raja Ampat, pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut. (ars/nn)

“Kebersihan Raja Ampat, adalah tanggung jawab bersama bukan hanya Pemda dan masyarakat, tapi juga wisatawan,” bebernya, kemarin.

“Jaga terus alam kita yang indah, bukan hanya di darat, tapi pesisir pantai dan laut Raja Ampat yang telah terkenal diseluruh dunia sebagai destinasi pariwisata,” ajaknya.

Kepala Bank Papua cabang Raja Ampat, Nikolas Papuko, juga mengungkap dukungan terhadap pariwisata di Raja Ampat.

“Kegiatan semacam ini tentu akan merangsang kembali pariwisata Raja Ampat. Roda perekonomian masyarakat juga akan tergerak,” ujarnya.

Aksi ini diselenggarakan DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat, SDI Raja Ampat Diving Club, Freediver Raja Ampat, Mahasiswa UNIPA, Indara Dive Center dan Wapnansan Homestay dan Conservation International (CI) Raja Ampat.

Ada pula Gurara Dive Resort, DCoral Resort, TPK 48 Resort, Korpak Resort, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, BLUD UPTD KKP, BKKPN Kupang Wilayah Kerja Raja Ampat dan Satuan Polair Polres Raja Ampat. (ars/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan