Pemprov Siapkan Lahan, Kejagung Biayai Pembangunan Kantor Kejati PB



Foto : Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. Pemprov siapkan lahan pembangunan Kantor Kejati Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kejaksaan Agung RI siap merealisasikan pembangunan Kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat, melalui pos anggaran APBN. Sementara Pemprov Papua Barat bertugas menyiapkan lahan untuk membantu kelancaran pembangunan kantor.

“Lahan 2 Hektare sudah siap dan tak ada masalah lagi. Kantor Kejati Papua Barat nanti dibangun di Arfai, di kompleks perkantoran gubernur,” kata Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Selasa (7/1/2020) di Manokwari.

Meski anggaran pembangunan kantor Kejati ditanggung Kejagung RI, namun Pemprov Papua Barat bisa ikut membantu menyiapkan infrastruktur jalan dan penerangan (listrik). Hal ini tergantung koordinasi lanjut antara Kejati Papua Barat dan Kejagung RI.

“Anggaran yang disiapkan untuk fisik masih akan direvisi, apakah menjadi kewenangan pemerintah pusat atau daerah. Kita di daerah pada prinsipnya siap membantu,” jelas Dominggus.

Mantan Bupati Manokwari 2 periode ini mengungkap kehadiran Kejati Papua Barat, ikut mendorong pembentukan Kejaksaan Negeri kabupaten/kota. Salah satunya Kabupaten Teluk Bintuni.

“Bupati Bintuni sudah siapkan lahan untuk pembangunan Kejari Bintuni. Para bupati lain juga demikian dan ke depan diharapkan semua kabupaten miliki Kejaksaan Negeri,” papar Dominggus.

Selain Kejati, Pemprov Papua Barat juga sangat mendukung kehadiran Pengadilan Tinggi. Dan rencana tersebut juga bisa direalisasikan tahun ini.

Saat ini kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat untuk sementara menggunakan bangunan milik Pemkab Manokwari, eks kantor bupati dan juga eks Mapolda Papua Barat di Jalan Pahlawan Manokwari Barat. (rni/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan