Pencanangan Grown Ijin Rel Kereta Api Dimulai dari Kota Sorong



Foto : Ilistrasi Kereta Api.

MANOKWARI, Nokennews.com – Proyek perkeretaapian Papua Barat masuk tahap persiapan pencanangan grown ijin Titik Nol. Sesuai rencana, tahap ini akan dilakukan Tahun 2020.

“Sebelumnya studi Amdal sudah dilakukan, termasuk pendataan untuk menentukan Titik Nol rel kereta api,” sebut Kabid Perkeretaapian, Dinas Perhubungan Papua Barat, Max L Sabarofek, Senin (6/1/2020).

Menurutnya hasil pendataan dan survey akhir serta koordinasi titik nol ini juga akan dilaporkan kepada Presiden RI, Joko Widodo dan terkait lain seperti Dirjen Perhubungan.

“Akan ada Depo Stasiun yang didirikan dari titik nol. Ada 14 Depo Stasiun dari Kota Sorong hingga Manokwari,” bebernya.

Maxi menjelaskan jarak rel kereta api dari Kota Sorong ke Ayamaru mencapai 75 kilo meter, dari total 500 kilo meter secara keseluruhan.

Tim juga saat ini sedang melakukan pendataan untuk membereskan pelepasan hak ulayat, baik lahan dan tanaman yang terkena dampak dari pengerjaan rel kereta api.

“Setelah itu baru masuk pembayaran dan akan dibicarakan lebih lanjut. Besarannya tentu akan disesuaikan,” terangnya.

Ia berharap pembayaran lahan dan tanaman akan dibantu pemerintah pusat melalui dana sharing. Ini juga akan dibiayai Pemprov Papua Barat dan pemerintah kabupaten.

Menurut hasil survey, jalur kereta api tidak akan mengganggu jalan Trans Papua Barat. Meski demikian letak beberapa titik rel kereta api dekat dengan jalan trans.

“Ada yang berdekatan tetapi tidak mengganggu jalam trans,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan