Pengiriman 53 Sampel dari Sorong Terganjal Lokal Lockdown



Foto : Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. Local Lockdown pengaruhi pengiriman sampel dan logistik kesehatan. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Penutupan sementara akses bandara di Sorong, Papua Barat, menghambat pengiriman sampel swab pasien untuk diperiksa di laboratorium Balitbangkes Kemenkes RI di Jakarta atau di Makassar.

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengungkap penutupan akses bandara juga menghalangi pendistribusian bantuan logistik kesehatan seperti Alat Pelindung Diri (APD).

“Ada 53 sampel swab yang masih tertahan karena penutupan akses bandara di Sorong,” jelasnya, Senin (13/4/2020) di posko Covid-19 Papua Barat, di Manokwari.

Sesuai hasil koordinasi dengan Satgas Covid-19 Sorong, 53 sampel swab itu merupakan gabungan sampel yang diambil dari pasien di kota dan kabupaten Sorong.

Hal yang sama juga terjadi di Kaimana, sesuai laporan Satgas Covid-19 daerah setempat. Penutupan akses bandara juga menghambat pengiriman sampel.

“Pemkab Kaimana sempat mencarter pesawat untuk membawa sampel, tetapi batal karena tidak mendapat persetujuan dari maskapai,” paparnya.

Ia menyebut sampel juga memiliki batas waktu bertahan dan bisa rusak. Penutupan akses bandara yang dilakukan kabupaten/kota di Papua Barat, juga menyulitkan pendistribusian logistik kesehatan.

“Bantuan logistik kesehatan yang tiba di Manokwari beberapa waktu lalu, juga belum didistribusi. Memang ada beberapa daerah yang mengambilnya melalui jalur darat,” aku Jubir.

Satgas Covid-19 Papua Barat, juga kesulitan untuk mengirim logistik ke Sorong, Fakfak dan Kaimana, karena penutupan akses bandara daerah setempat.

Menurutnya, kebijakan lockdown lokal yang dilakukan beberapa daerah di Papua Barat, juga harus memperhatikan kepentingan pengiriman sampel dan kebutuhan peralatan logistik kesehatan.

“Kita butuh akses keluar-masuk untuk mengirim sampel dan logistik kesehatan. Ini penting,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan