Perawat dan Dokter Terpapar Corona ? Ini Penjelasan Jubir Covid Pabar



Foto : Jubir Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Juru Bicara Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengklarifikasi informasi yang menyebut satu petugas medis terjangkit Covid-19 di Kabupaten Sorong.

“Kemarin ada info terkait kasus positif tenaga medis di Kabupaten Sorong. Saya klarifikasi, tidak ada,” ujarnya saat video conference bersama wartawan, Selasa (2/6/2020) di Manokwari.

Menurutnya yang benar, satu tenaga dokter di Kota Sorong, yang terpapar Covid-19. Namun, yang bersangkutan dalam kondisi sehat dan sedang menjalankan isolasi mandiri.

Dalam waktu dekat yang bersangkutan (dokter)  di Kota Sorong, dipastikan akan menjalani proses pengambilan swab.

Sedangkan, info serupa tentang satu tenaga perawat di kabupaten Raja Ampat, yang terpapar positif, juga diklarifikasi. Bukan perawat melainkan satu staf pada Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat.

“Staf ini sudah dari dua minggu yang lalu, bukan baru hari ini ya. Kondisinya baik dan menunggu hasil follow up swab kedua,’ bebernya.

Dijabarkan tenaga kesehatan dibagi menjadi dua klasifikasi, yaitu tenaga fungsional dan tenaga struktural. Tenaga fungsional adalah mereka yang bertugas di rumah sakit atau puskesmas.

“Yang terpapar ini tenaga struktural, bukan tenaga fungsional atau perawat,” kata dokter Arnold.

Diakui pendataan pasien positif sesuai data yang diterima dari kabupaten/kota di Papua Barat, tidak mencantumkan status pekerjaan, selain dokter.

“Kalau di data dokter terpapar status pekerjaannya ditulis dokter, kalau tenaga perawat kadang tidak dicantumkan. Ini yang akan kami perbaiki ke depan,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan