Pertama di Indonesia, Polda Pabar Luncurkan Aplikasi E Mutasi Ranmor



Foto : Peresmian Kantor Samsat Manokwari, Papua Barat, Selasa (30/6/2020). Sekaligus peluncuran 3 aplikasi, salah satunya E Mutasi Ranmor. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Direktorat Lalu lintas Polda Papua Barat, meluncurkan aplikasi pelayanan kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Manokwari, Papua Barat.

Ketiga aplikasi itu adalah E Mutasi kendaraan bermotor, E Formulir STNK dan BPKB serta Delivery BPKB.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK, MS.i membeberkan aplikasi ini dihadirkan untuk kecepatan dan memudahkan pelayanan publik.

“Ini satu-satunya layanan aplikasi berbasis android di Indonesia dan hanya di Papua Barat. Kita kerja sama dengan PT. Pos Indonesia,” beber Kapolda saat peresmian kantor Samsat Manokwari, sekaligus launching aplikasi, Selasa (30/6/2020).

Kehadiran aplikasi ini merupakan kebanggaan bagi provinsi Papua Barat, sekaligus langkah berani menghadirkan pelayanan di tengah upaya menuju New Normal.

Masyarakat kini dimudahkan dan tak harus lagi pulang-pergi ke kantor Samsat untuk mengurus mutasi kendaraan. Cukup hanya mendownload aplikasi E Mutasi kendaraan bermotor.

Sementara aplikasi E Formulir STNK dan BPKB, hadir untuk menghindari penumpukan antrian wajib pajak di kantor Samsat. Sementara E Delivery BPKB merupakan terobosan pelayanan dengan mengantar BPKB ke tempat pemohon.

“Delivery BPKB ini untuk menjawab pelayanan masyarakat. Kantor Polda dan Samsat berjauhan, sehingga kita berpikir harus ada sebuah terobosan baru,” beber Kapolda.

Aplikasi ini juga merupakan bagian penjabaran reformasi birokrasi, dimana menguatkan zona integritas pelayanan. Salah satunya, menghindari adanya pemberian uang tunai dari masyarakat ke petugas.

“Hari ini sudah bisa digunakan masyarakat di Papua Barat. Saya optimis dan berharap menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” paparnya.

Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan mengungkap Pemprov mendukung kehadiran fasilitas pelayanan publik, termasuk kantor Samsat Manokwari yang baru diresmikan.

“Kantor Samsat Manokwari, akan memperlancar pelayanan bagi wajib pajak,” singkatnya sembari menyambut baik aplikasi yang digagas Polda Papua Barat.

Kantor Samsat Manokwari terletak di Jalan Pahlawan, Distrik Manokwari Barat. Kantor berlantai dua ini memiliki luas 1.769 meter persegi, dilengkapi ruang laktasi, ruang kordinasi dan ruang server serta arsip.

Tahap pertama pembangunan tahun 2016, dilanjutkan pembangunan tahap kedua tahun 2019 dengan anggaran Rp. 10 Miliar. Kantor Samsat Manokwari, bertipe B fungsi pelayanan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan