Pesan Tokoh Agama di Manokwari : Damai Natal dan Harapan Baru 2020  



Foto : Tokoh Lintas Agama bersama FKUB Papua Barat, Sabtu (14/12/2019) di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Para Tokoh Agama di Manokwari, sepakat mengusung pesan damai menyambut perayaan Natal dan harapan untuk Tahun Baru.

Pastor Paroki Immanuel Sanggeng, Lamber Pati OSA, mengatakan Natal membawa pesan damai sesuai harapan dan iman Katholik.

“Sahabat adalah dasar dari kerukunan. Jika hidup dalam kerukunan, maka cita-cita Allah sempurna bagi kita sekalian,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Tokoh Lintas Agama, Sabtu (14/12/2019) di Kanwil Kementrian Agama Papua Barat di Manokwari.

Ia menyampaikan pesan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan yang menyebut ‘Hiduplah dan Berkarya di Tanah ini karena Manokwari sebagai rumah bersama’.

Mewakili umat Kristen Protestan, Pendeta Pithein Maniani, M.Th menilai kerukunan bisa dimulai dari setiap pribadi, keluarga hingga masyarakat.

“Hidup dengan keberagaman merupakan bagian dari arti persahabatan, sesuai tema Natal ‘Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang’,” terangnya.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Papua Barat, Putu Chandi mendukung perayaan hari raya Natal.

“Kami sudah lakukan beberapa kali dan akan kembali melakukanya tahun ini. Para pemuda kami akan ikut membantu melancarkan ibadah malam natal,” bebernya.

Sementara, Ketua Majelis Buddhayana Papua Barat, U P Mingan tidak mempersoalkan perbedaan agama, asal hidup berdampingan maka terciptalah Surga.

“Kita mendukung perayaan Natal dan siap berpartisipasi bersama untuk mendukung perayaan umat Kristiani ini,” katanya.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Papua Barat, Pendeta Sadrakh Simbiak menilai imbauan empat tokoh agama di atas bermakna sama, ingin menciptakan kedamaian saat perayaan Natal sekaligus Tahun Baru 2020.

“Pesan masing-masing tokoh agama menjadi kerangka kita semua agar perayaan Natal berjalan aman dan lancar,” singkatnya menambahkan keamanan perayaan nanti juga menjadi tanggung jawab bersama.

Kesepakatan dan komitmen para tokoh agama ini disepakati dalam penandatangan spanduk sebagai simbol kedamaian jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan