Polda Papua Barat Dijatah 126 Kuota Bintara Noken Polri



Foto : Jumpa pers Bid Humas Polda Papua Barat bersama wartawan, Rabu (8/1/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Polda Papua Barat mendapat jatah 126 kuota Bintara Noken. Program Mabes Polri tahun 2020 ini diperuntukan untuk putera asli Papua.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing mengatakan kuota 126 bintara merupakan keputusan Mabes Polri.

“Ada dua kategori, putera asli Papua dan peranakan. Yang peranakan ini salah satu antara bapa atau mama orang asli Papua,” ujar Kapolda melalui Kabid Humas AKBP Mathias Y Krey, Rabu (8/1/2020) di Mapolda.

Program Bintara Noken Polri merupakan terobosan Mabes Polri dengan tujuan meningkatkan sekaligus mengakomodir SDM anak-anak Papua.

“Setiap Polres jajaran juga akan membuka penerimaan yang sama. Polres Teluk Bintuni dan Sorong Kota juga sudah membuka pendaftaran,” bebernya.

Penerimaan Bintara Noken ini gratis dan tidak dipungut biaya. Orang tua calon bintara diminta melaporkan jika ada oknum yang meminta bayaran.

“Kalau ada yang mengaku sebagai Kapolda atau pejabat utama dan meminta imbalan, jangan percaya. Penerimaan ini gratis,” tegas Krey.

Syarat utama yang berlaku dalam penerimaan diantaranya tinggi badan 160 cm dan 158 cm untuk daerah pegunungan.

Syarat lain, belum menikah, lulusan SAM sederajat dengan batas umur 24 tahun, lulusan D3 berusia 25 tahun dan lulusan S1/D IV dengan usia 26 tahun.

Pendafataran bisa dilakukan secara online dengan mengakses /banoken.penerimaan.polri.go.id. (rni/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan