Positif Covid-19 di Raja Ampat Bertambah, Total 53 di Papua Barat



Foto : Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 kabupaten Raja Ampat, dr. Rosenda Sp.PD. Total positif Covid-19 di Raja Ampat, naik menjadi 14 orang. (red/nn)

WAISAI, Nokennews.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Raja Ampat, Selasa (6/5/2020), meningkat menjadi 14 dari 10 kasus sebelumnya. Tambahan 4 kasus terbaru, diduga berasal dari transmisi lokal.

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 kabupaten Raja Ampat, dr. Rosenda Sp.PD menjelaskan penyebaran Covid-19 di Raja Ampat, dengan tranmisi lokal berdasarkan hasil penelusuran riwayat kontak kasus positif yang terpapar.

“Karena mereka melakukan perjalanan atau imported case dan masih perlu dianalisa. Hal ini dikarenakan kasus positif hasil penelusuran riwayat kontak masih dalam lingkaran kontak pertama,” terangnya di Kantor Bupati Raja Ampat di Waisai.

Ia mengaku saat ini tim Satgas Raja Ampat, sedang menelusuri kontak transmisi lokal. Empat kasus terbaru 2 diantaranya berjenis kelamin laki-kaki berusia 63 tahun dan 34 tahun. Keduanya sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan dan Orang Tanpa Gejala.

Sementara, 2 lainnya berjenis kelamin perempuan berusia 35 tahun dan 34 tahun. Sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan dan ODP. Keempat kasus ini diduga kuat memiliki riwayat kontak dengan kasus positif imported case sebelumnya.

“Bahaya potensi transmisi lokal masih dianalisa,karena dari 14 kasus positif ini diperlukan penelusuran atas riwayat kontak atau contact tracing dari kontak pertama kasus positif. Apakah terjadi penyebaran hingga kontak selanjutnya atau tidak,” beber dr. Rosenda.

Hingga kini, total 70 Orang Tanpa Gejala di Raja Ampat, sedangkan 89 Orang Dalam Pemantauan, 58 diantaranya masih dalam pemantauan, dan 31 Orang Selesai Pemantauan. Di sisi yang lain, 5 Orang berstatus PD di Kabupaten Raja Ampat.

Dari total 63 sampel swab yang telah dikirim, dengan hasil temuan adalah 14 positif dan Negatif sebanyak 49 Sampel.

Dengan tambahan 4 kasus di Raja Ampat, kini total positif Covid-19 di Papua Barat, menjadi 53 kasus. (ajm/red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan