Pro-Kontra, Dimekarkan Atau Merdeka, Papua Barat yang Kini Berusia 22 Tahun



ASN dalam sebuah kesempatan di kantor Gubernur Papua Barat. Menjadi salah satu pilar suksesi pembangunan di Papua Barat.

MANOKWARI – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si mengatakan banyak kisah saat kehadiran provinsi Papua Barat 22 tahun lalu. Pemekaran itu bahkan menciptakan pro dan kontra.

Berpisah dari provinsi induk Papua tak lepas dari peran sejumlah toko pemekaran saat itu, salah satunya Dominggus Mandacan.

Ada pula beberapa nama lain seperti almarhum Abraham Oktavianus Atururi, Obeth Ariks Ayok serta sederet nama lain yang juga berjasa menghadirkan Papua Barat.

Koordinasi menjadi salah satu kunci penting pemekaran Papua Barat, baik pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, toko adat termasuk berkordinasi dengan Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua.

“Saat itu para tokoh Papua Barat hadir, kordinasi intens dilakukan agar menghindari konflik dan masyarakat tidak terprovokasi. Semua didukung dengan Doa,” bebernya usai upacara HUT 22 Papua Barat di Manokwari, Selasa 12 Oktober 2021.

“Sekarang semua bicara. Dulu, pro dan kontra dengan pilihan dimekarkan jadi provinsi atau Merdeka. Dan, beberapa tokoh Papua Barat, bersikap termasuk saya,” cetusnya lagi.

Dirinya berterimakasih untuk semua pihak yang saat itu mendukung kehadiran provinsi Papua Barat.

Papua Barat kini menjadi salah satu wilayah yang terus berkembang dalam berbagai bidang pembangunan. Meski diakui banyak target yang belum terpenuhi.

Dominggus juga mengatakan sinergitas dengan dukungan semua pihak sangat penting untuk meningkatkan sektor pembangunan demi kesejahteraan rakyat.

“Memang kita belum berbuat banyak, terutama masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir,” terangnya.

Untuk itu, refocusing APBD dilakukan untuk penanganan kesehatan, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Visi dan misi dijabarkan dalam pembangunan, dicatat mana yang tercapai dan mana yang belum berhasil. Yang belum ini digenjot,” pungkasnya. (els/nn)

 

Author

admin

Tinggalkan Balasan